Panglima TNI Resmikan KRI Alugoro 405

  • Share

Natuna– Persemian Kapal Selam KRI Alugoro 405 di Natuna memiliki nilai Different (berbeda) dan nilai strategis bagi kawasan Laut Natuna Utara sendiri yang berbatasan dengan sejumlah negara di Asia tenggara, disampaikan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto pada peresmian operasional Kapal Selam Alugoro 405, Bertempat di Faslabuh TNI Angkatan Laut, di Selat lampa kecamatan Pulau Tiga, Natuna, Selasa (6/4/2021).

Lanjut Panglima, persemian Kapal Selam tersebut di Natuna memiliki nilai yang berbeda dan strategis bagi kawasan Laut Natuna Utara sendiri yang berbatasan dengan sejumlah negara di Asia tenggara.
Keberadaan Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan tentunya memiliki dampak yang cukup besar dengan adanya berbagai konflik di kawasan tersebut.

KRI Alugoro 405 merupakan kapal selam pertama produksi Indonesia yang diproduksi oleh PT. PAL Indonesia bekerjasama dengan perusahaan Korea Selatan Daewoo Shipbuilding and Marine engineering (DSME) sebagai salah satu Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik TNI Angkatan Laut.

Lanjut panglima TNI, “keberadaan Mako Guspurla di Natuna nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu wadah koordinasi antar lembaga, satuan dan Instansi dalam menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di Laut Natuna Utara”.

“Diharapkan dengan berdirinya Mako guspurla ini nantinya kita dapat bersama – sama saling berkoordinasi dengan baik terkait permasalaahn yang terjadi di laut Natuna Utara, “ tambah Panglima TNI.
Oleh karenanya pemerintah terutama Panglima TNI mengambil langkah bijak dengan memindahkan markas Gugus Tempur Laut, Komando Armada 1 (Guspurla Koarmada 1) dari pangkalan Jakarta ke Natuna.

Selain meresmikan Kapal selam Alugoro sebagai salah satu KRI, pada kesempatan yang sama Panglima TNI juga mengukuhkan Komandan KRI Alugoro, yakni Letkol Laut (P) Ahmad Nur Taufik.

Usai meresmikan dan mengukuhkan Komandan KRI Alugoro 405, serta melakukan peletakan batu pertama Mako Guspurla Koarmada 1, panglima TNI yang hadir bersama Kapolri Jendral (pol) Listiyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI. Yudo Margono, Irjenal Laksda. TNI Moelyanto, para pejabat Utama Mabesal, pangkoarmada 1 dan pangkoarmada II tersebut langsung bertolak kembali ke Lanud Raden Sadjad, untuk memantau kegiatan Vaksinasi anggota TNI di Natuna dan kembali ke Jakarta.**

Laporan : Irwanto#R02

banner 120x600
  • Share