Pangkoarmada I Tinjau Pelaksanaan Kegiatan Sosial dan Bantuan Sosial di Natuna

  • Share
Spread the love

Natuna, kepripos.id -TNI Angkatan Laut harus bermanfaat untuk masyarakat di manapun ia berada. Dalam rangka ulang tahun TNI, TNI AL perlu memberi sentuhan kepada masyarakat nelayan yang mayoritas di Natuna. Hal ini disampaikan Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah saat meninjau kegiatan kegiatan sosial dan bantuan sosial TNI AL di Pelabuhan Nelayan Pering Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, sabtu (08/10/2022).

Arsyad meminta kepada nelayan yang sedang mengikuti sosialisasi kemaritiman agar memahami aturan kemaritiman baik hukum positif Indonesia maupun Hukum Internasional.

” Nelayan harus tahu wilayah kontinental, batas lautan di negara kita dan juga Zona Ekonomi Eksklusif. Juga nelayan perlu tau Wilayah teritorial, yaitu   sebuah wilayah yang dimiliki sebuah negara dimana setiap negara bebas untuk melakukan pengawasan, mengolah sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut. Wilayah ini tidak boleh di masuki oleh negara lain untuk memanfaatkan sumber daya alam, terkecuali yang memiliki izin”, terang Arsyad.

 

Ia juga menyupoti siswa yang sedang belajar bahasa Inggris praktis untuk terus meningkat potensi akademisnya.

” Natuna perlu diisi oleh SDM  berkualitas oleh anak-anak Natuna untuk membangun negeri sendiri yang lebih maju”, pintanya.

Poto bersama

Ia juga menyampaikan, Negara hadir bersama nelayan Indonesia  dengan memberi rasa aman dengan  beroperasi secara rutin di Laut Natuna Utara.

“Kita menyiapkan 4-5 Kapal Perang dan dibantu pesawat udara dalam patroli rutin, guna memastikan Laut Natuna Utara aman,” ucapnya disela-sela kunjungannya di Natuna. Sabtu (08/10).

Ia menyebutkan, jika nelayan Indonesia diganggu oleh kapal tentara negara asing maupun kapal ikan asing (KIA) di teritorial Indonesia, segera melaporkannya kepada TNI Angkatan Laut (AL) agar bisa ditindak.

“Jika ada kapal asing yang masuk di wilayah kita silahkan dilaporkan, atau jika mengalami mati mesin di laut nanti kita akan selamatkan,” ujarnya.

Dikesempatan itu Wakil Bupati Natuna mengucapkan terimakasih kepada TNI Angkatan Laut yang merupakan mitra pemerintah daerah Natuna yang telah bersama nelayan mengawal Natuna.

” Nelayan merupakan mata pemerintah dalam rangka menjaga laut, jika ada sesuatu yang ganjalan di laut hendaknya diteruskan ke TNI Angkatan Laut”, pinta rodial.

Baca Juga

Sandiaga Uno dan Beberapa Kementerian Lain Akan Berkunjung di Natuna

Dicurigai Potas Disimpan di Bawah Laut, Kades Cemaga Tengah Serahkan Barang Bukti Ke Polisi

 

Kegiatan bakti sosial dan bantuan sosial dihadiri 100 nelayan dan meraka mendapatkan pembagian bahan kontak (sembako) dan Swempes jumlah 100 paket. Khitan diikuti 37 anak – anak, pemeriksaan dan pengobatan gigi ( tambal sementara dan cabut gigi) 72 orang dan sosialisasi siswa dan saka bahari  66 orang. * ( Fadil)

 


Spread the love
  • Share