https://kepripos.id/wp-admin/customize.php?return=%2Fwp-admin%2Fabout.php

Bupati Natuna : Degitalisasi Mempermudah Pelayanan Masyarakat

  • Share
Wansiswandi, Bupati Natuna

Natuna, (kepripos.id) –  Degitalilasi di setiap desa diperlukan, agar    mempermudah dalam melakukan semua kegiatan. Kemajuan teknologi informasi saat ini harus dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat sampai ke tingkat desa, sampai Bupati Natuna, Wan Siswandi membuka secara langsung Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi Degital Desa Cerdas dan Anjungan Pelayanan Mandiri Seluruh Aparatur Desa di gedung Sri Serindit Jalan Yos Sudarso  Ranai Kabupaten Natuna Provinsi  Kepulauan Riau Kamis Pagi (21/10/2021)

Lanjut Siswandi, Desa merupakan ujung tombak pemerintah. Namun desa dalam pelaksanaan kegiatannya  tidak terlepas dari berbagai  persoalan, termasuk percepatan pelaporan yang langsung terkoneksi dengan Kabupaten.

Komunikasi dan kerjasama dari pihak desa sampai ke kabupaten harus terus berjalan dengan baik sehingga tujuan dari pembangunan dapat terwujud.

“Semua data di kabupaten semuanya berasal dari desa, jadi peran desa sangatlah penting dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan” terangnya.

Pengembang Aplikasi dari PT Poros Jaya Gemilang, Novriyanto

Pembinaan desa di Kabupaten Natuna menurut Wan Siswandi sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh salah satu desa sebagai pemenang pertama dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi.

Sementara itu Pengembang Aplikasi dari PT Poros Jaya Gemilang, Novriyanto mengatakan, bahwa aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas  teknologi informasi yang terlahir dari UU tentang Desa.

“Setiap desa berhak mendapatkan teknologi informasi, pemerintah berkewajiban mengembangkan teknologi informasi,” ucapnya.

Selain itu pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk mewujudkan Natuna Digital, yang berawal dari lahirnya masyarakat yang cerdas melalui penyajian data valid aktual terkini.

“Data yang dihimpun juga sebagai pertimbangan dari kabupaten dalam mengembangkan perencanaan pembangunan,” terangnya.

Keberadaan Anjungan Pelayanan Mandiri juga menurut Novriyanto diharapkan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar, Pj Sekda Natuna, Boy Wijanarko, Kadis DPMD Kabupaten Natuna, Anrizal Zen dan beberapa kepala OPD lainnya.** (Aulia)

 

banner 120x600
  • Share