Sambut     Hari Lingkungan Hidup se Dunia    Bupati Wan Siswandi Launching Natuna Berkemas

  • Share
Spread the love

Bupati Wan Siswandi :Natuna Ini Kecil Jangan Biarkan Dia Kumuh Karena Akan Kumal, Jika Bersih Natuna Menjadi Indah

Natuna, Kepripos.id- Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Rodhial Huda dan Plh. Sekda Khaidir laksanakan  peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, bertempat di ruang rapat Bupati Natuna Jln Bukit Aray Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Senin(05/06/2023).

Dikesempatan itu Bupati meminta kepada seluruh Camat bekerjasama dengan Lurah  Kades, RT/RW, mengajak masyarakat untuk melaksanakan gotong royong secara  rutin seminggu sekali dilingkungan masing-masing.

” tentukan hari apa gotong royong lingkungan, bisa jum’at, sabtu ataupun minggu,  kita bersihkan lingkungan kita, supaya Natuna menjadi indah”, pinta Wan Sis

Bupati Wan Sis tandatangani SK Natuna Berkemas

Pada ada rapat itu pula  bupati sampaikan, untuk mengurangi polusi sampah plastik maka perlu dilakukan solusi terbaik yaitu mendaur ulang sampah plastik  menjadi barang yang mempunyai nilai jual, sehingga masyarakat yang memiliki pikiran kreatif bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga.

Masih Wan Sis, hari sabtu (03/06) Dinas Lingkungan Hidup melakukan gogotong royong di Pulau Senoa dalam upaya mencegah polusi sampah plastik di obyek wisata Pulau Senoa , dari kegiatan itu itu terkumpul 13 karung sampah plastik. Sementara kita tahu sampah plastik  sulit terurai.

“saya minta seluruh dinas terkait untuk memberikan perhatian khusus terhadap sampah plastik ini, agar Natuna terbebas dari polusi sampah plastik”. ungkap Wan Sis.

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia kali ini mengusung tema Upaya Pencegahan Polusi Sampah Plastik yang  disejalankan dengan peluncuran Aplikasi Natuna Bergerak Bersama Masyarakat ( Natuna Berkemas) yaitu aplikasi yang di buat untuk mengurangi sampah plastik di Kabupaten Natuna melalui gerakan gotong royong bersama masyarakat.

Dalam kegiatan yang sama Sekretaris DLH/ Plh Kabid lingkungan hidup Afriyudi mengatakan, melalui launching Natuna berkemas diharapkan bisa mengurangi polusi sampah plastik di ibu kota Kabupaten Natuna maupun ke wilayah Desa, Natuna berkemas sendiri merupakan inovasi atau nama lain dari gotong royong yang tujuannya untuk mencegah polusi sampah plastik.

Lanjut Yudi, kami mengajak seluruh OPD terkait, mari kita bersama – sama jadikan sampah sebagai sumber ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga masyarakat bisa terpenuhi kehidupannya melalui daur ulang sampah plastik.

Peringati Hari Lingkungan Hidup  se Dunia di Natuna rancana awal akan melakukan upacara di halaman kantor Bupati, sehubungan gerimis sudah menandakan hujan akan segera hujan, kegiatan dilanjutkan dilaksanakan di ruang rapat 1 Bupati.

Kegiatan ini diikuti oleh OPD dilingkungan pemkab Natuna.* ( Irwanto)

 


Spread the love
  • Share