https://kepripos.id/wp-admin/customize.php?return=%2Fwp-admin%2Fabout.php

Bupati Natuna Resmikan Lumbung Pangan Dua Gapoktan

  • Share
Bupati Tandatangani prasasti peresmisan embung

Natuna, kepripos.id- Pemerintah menganggap dimusim utara gelombang selalu tinggi sehingga kapal kargo untuk membawa sembako  tidak bisa berlayar, sehingga pemerintah pusat perlu membikin lumbung untuk ketahanan pangan dimusim-musim tertentu.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos., M.Si. pada meresmikan bangunan Lumbung Pangan masyarakat  di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten  Natuna, Provinsi Kepri. (5/11/ 2021).

tepung tawar peresmian embung

Tampak hadir Wakil Bupati, Asisten, OPD,  Plt Camat Bunguran Selatan Supardi, S.Pd.I dan Kepada Desa Cemaga Tengah Zidan, Pendamping Desa, serta masyarakat tani.

Lanjut Siswandi, Lumbung Pangan masyarakat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk menyimpan bahan pangan, tidak terbatas pada beras, bisa bahan pangan lainnya, seperti ubi, jagung atau lainnya.

“adanya bangunan ini karena ada gapoktan dan masyarakat, oleh manfatkan bangunan ini sebai-baiknya, tentu jangan sampai menyia-nyiakan bangunan ini” harap Bupati.

Pada kesempatan yang Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, Sri Hariningsih menyampaikan,  pembangunan lumbung pangan tersebut ada dua tempat, yaitu di Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan dan Kecamatan Bunguran Tengah dengan mempergunakan Anggaran Dana DAK Tahun 2021 sebesar Rp332.500.000.00  (tiga ratus tiga puluh dua juta lima ratus ribu rupiah).

Bupati dan Wakil Bupati,serta hadirin menyanyakan lagu Indonesia Raya

Pembangunan dilaksanakan secara swadaya oleh gapoktan, sesuan petunjuk teknis dari kemenrerian pertanian dan ketahanan pangan Sarana Jaya Desa Air Lengit Kecematan Bunguran Tengah dan Gapoktan Banyan Makmur Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan dengan masa kerja 180 hari kalender, dimulai dari bulan April sampai dengan oktober 2021.

Wujud Nyata SKK Migas Mengantar Geopark Nasional Natuna Menuju UGGp

Sementara  peresmiannya dilaksanakan secara simbolis yaitu di lumbung gapoktan Bayan Makmur Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan,  terang Sri Hariningsih.*( Irwanto)

 

 

banner 120x600
  • Share