Wakil Bupati Pantau Daerah Langganan Banjir

  • Share

Natuna, Kepripos.id –Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda memantau sejumlah lokasi yang menjadi langganan banjir di Kecamatan Bunguran Timur.

Salah satu lokasi  yang ditinjunya adalah Air Raya di Kelurahan Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu 4 Desember 2021.

Beberapa  hari lalu (2/12/2021)  kampung ini menjadi salah satu daerah yang terkena banjir yang sempat merendam  akses jalan yang menuju daerah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Rodhial Huda mengatakan bahwa banjir menjadi permasalahan rutin setiap tahun, namun perkembangan terakhir memperlihatkan skala yang semakin besar.

Hal tersebut membuktikan bahwa alam sudah tidak dapat menampung air, maka untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Rodhial menyampaikan solusi supaya banjir tidak terjadi lagi dikemudian hari.

“Kita harus  mendesain sistem drainase terpadu untuk Kota Ranai khusunya, kalau memang bisa Sungai Ranai itu dijadikan kanal untuk pengendalian banjir itu lebih bagus,” ucapnya.

Menurut Rodhial sungai lebih artistik dari pada kanal buatan, sungai bentuknya lebih alami, kalau dapat diperlebar supaya pompong-pompong juga bisa masuk ke situ. Selain pengendali banjir juga bisa menjadi land mark baru untuk wisata mangrove.

Banjir Melanda Sekda Natuna Pantau  Titik Banjir

Selain itu konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan, juga sangat berpengaruh terhadap potensi banjir yang akan terjadi.

“Pembangunan kedepan harus berwawasan lingkungan, bukit jangan lah dipotong, sungai dan daerah resapan air ditimbun,” terangnya.

Rodhial Huda meminta peran serta lurah khusunya 4 lurah di Kecamatan  Bunguran Timur yang menjadi langganan banjir untuk selalu memantau wilayahnya.

“Sering-seringlah ke lapangan, cek langsung setiap pristiwa agar segera menemukan study kasusnya,” pungkasnya.* ( Irwanto).

Natuna Jadi Kawasan Pertahanan, Wan Siswandi-Rodhial Huda Agendakan Jumpai Sejumlah Menteri

banner 120x600
  • Share