Upaya Kombesgor Merawat Hutan Lindung

  • Share
Anggota Kombesgor sedang bergotong royong membersihkan Hutan Lindung Bukit Kucing, Tanjungpinang, Ahad pagi, 24 September 2023.

TANJUNGPINANG, (Kepri Pos)- Komunitas Bersama Gotong Royong (Kombesgor) Provinsi Kepri, terus melanjutkan aksi bersih-bersih Hutan Lindung Bukit Kucing.

Fasilitas umum yang satu ini menjadi salah satu fokus kerja komunitas tersebut sejak beberapa tahun terakhir.

Jalan masuk menuju Bukit Kucing bisa melalui Gang Tepaling, Jalan Ir. Sutami. Posisi gangnya di seberang jalan SD Negeri 002 Bukit Bestari.

Ketua Umum Kombesgor, Hadi Mulyanto, mengatakan merawat hutan lindung merupakan bentuk kepedulian organisasinya yang konsern terhadap lingkungan. Untuk mewujudkan pelestarian alam.

“Sejauh ini kami melihat belum ada pihak yang ambil peduli. Biarlah kami yang memulai,” kata Hadi disela gotong royong membersihkan kawasan tersebut, Ahad pagi, 24 September 2023.

Ia mengingatkan bahwa kualitas udara dan air di Tanjungpinang salah satunya berasal dari hutan ini. Apabila tidak diperhatikan dengan kesadaran bersama maka akan terjadi penurunan kualitas. Termasuk ancaman keberlangsungan hidup flora dan fauna di dalamnya.

Sehingga melalui aksi baik ini, Hadi sekaligus mengingatkan seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga keasrian dan keberlangsungan hutan.

Menurutnya, masyarakat dan pemerintah umumnya baru menyadari pentingnya menjaga lingkungan ketika telah terjadi kerusakan yang berdampak pada kerugian materi dan nonmateri. Sementara proses-proses yang terjadi di dalamnya sering dilupakan.

“Artinya bahwa perilaku masyarakat yang selama ini menentukan kualitas lingkungan kurang diperhatikan,” tutur Hadi.

Ia sangat mengapresiasi setiap anggota Kombesgor yang tampak antusias bergotong royong. Aksi bersi-bersih dimulai dengan membuka akses jalan yang tertutup semak belukar dan dahan. Dilanjutkan memotong rumput dan ilalang yang menutup lahan hutan.

Gotong royong sempat terhenti karena serbuan tawon. Setidaknya dua anggota Kombesgor jadi korban. Yang satu tampak parah sehingga harus ditangani serius.

Hadi menegaskan bahwa Kombesgor akan konsisten merawat hutan ini kendati dengan biaya sendiri. Dengan harapan kelak akan diikuti elemen masyarakat yang lain. Adapun gotong royong dilaksanakan setiap pekan.

Pada kesempatan ini, Hadi kembali mengingatkan prinsip gotong royong yang merupakan keunggulan bangsa ini.

“Gotong royong adalah kristalisasi nilai Pancasila. Sebuah keikhlasan untuk berkorban. Semangat untuk berbagi. Bekerja sama dalam kerangka kebersamaan,” katanya.

Berkat Kombesgor, sebagian kawasan Hutan Lindung Bukit Kucing kini tampak bersih dan rapi. Jalan paving block di dalamnya pun nyaman dilewati. Cocok untuk sekadar bersantai sembari menghirup udara segar. Atau jogging. Atau bersepeda. Bukit Kucing juga lumayan luas. Di salah sudut hutan ini terdapat mata air mengalir yang dilengkapi pondok di dekatnya.

“Duduk di situ tentram sekali,” kata Sekjen Kombesgor, Indrawandi Pradana. (Yoyok Sudirman)

banner 120x600
  • Share