Para Aktivis dan Tokoh Muda Kepri Deklarasikan PERMAK Jaya

  • Share
Pengurus inti PERMAK JAYA foto bersama usai deklarasi di Kedai Kopi Makman, Batu 15 Arah Tanjung Ubah, Tanjungpinang, Ahad, 21 April 2024.

TANJUNGPINANG, (Kepripos.id)- Para aktivis dan tokoh muda Provinsi Kepri mendeklarasikan lahirnya organisasi kemasyarakatan Persatuan Masyarakat Kepri Jaya (PERMAK Jaya), Ahad, 21 April 2024.

Acara digelar di Makman Cafe, Batu 15, arah Tanjung Uban, Kota Tanjungpinang.

Inisiator PERMAK Jaya, Asril Masbah mengatakan ia bersama sejawatnya mencita-citakan hadirnya sebuah wadah untuk mengakomodasi keinginan anak daerah yang ingin berpartisipasi aktif membangun daerahnya.

“Maka pada hari ini kami mendeklarasikan gerakan layaknya para tokoh dan aktivis terdahulu dalam berbagai momentum bersejarah, namun dengan spirit yang lebih besar yaitu PERMAK Jaya,” katanya.

Lahirnya PERMAK Jaya, menurut Asril, ikhtiar bersama untuk memperjuangkan kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat.

Selanjutnya menciptakan hubungan yang harmonis antar-ormas dengan pemerintah daerah, dan pada ujungnya dapat saling memberikan kontribusi untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang kondusif, transparan dan akuntabel.

Selain itu, Asril dan kawan-kawan juga ingin memperjuangkan potensi sumber daya kelautan yang melimpah di daerah ini untuk dikelola secara optimal dan berkelanjutan.

“Pengelolaan dilakukan dalam rangka mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia serta dalam upaya memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat kita,” ujarnya.

Hal itu, Asril melanjutkan, sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia No.16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia sebagai pedoman umum kebijakan kelautan.

Langkah pelaksanaan kebijakan bisa melalui program dan kegiatan di semua stakeholder termasuk organisasi sosial kemasyarakatan (ormas) dalam rangka percepatan implementasi Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia.

Bismillahirrahmanirrahim. Atas berkat rahmat Allah, Tuhan yang Maha Kuasa, pada kesempatan ini kami nyatakan berdirinya ormas PERMAK Jaya. Maka langkah perjuangan akan kami lakukan melalui ormas PERMAK Jaya, ” demikian deklarasi yang dibacakan peserta yang hadir.

Pada kesempatan ini Asri Masbah terpilih sekaligus ditetapkan sebagai ketua umum PERMAK Jaya. Adapun Irwin Syapriansyah menjabat sekretaris umum, dan Dwi Kemala Wati sebagai bendahara umum.

Usai deklarasi, acara dilanjutkan musyawarah besar (MUBES) I dengan agenda  merumuskan dan menyepakati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), pemilihan pengurus dewan pimpinan pusat (DPP) PERMAK Jaya periode 2024- 2029. Juga beberapa hal yang dianggap perlu.

Mubes memberikan mandat kepada ketua umum terpilih untuk menyusun struktur kepengurusan secara lengkap paling lambat satu bulan.

Asril menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan. Mantan Ketua Pemuda Pancasila Kepulauan Anambas itu bertekad mendedikasikan dirinya membesarkan PERMAK Jaya.

Ia menyerukan kepada masyarakat untuk tak segan hadir di sekretariat PERMAK Jaya di Kampung Banjar, Air Raja, untuk berembuk dan bahu membahu demi Provinsi Kepri yang lebih baik.

Asman, salah satu tokoh yang hadir pada deklarasi percaya bahwa PERMAK Jaya memiliki potensi besar dalam menentukan arah daerah. Organisasi ini terdiri dari para tokoh muda dan generasi milenial.

“Kami memandang PERMAK Jaya dapat mendorong lahirnya gerakan besar yang dapat menentukan arah daerah ini ke depan,” katanya. (Yoyok Sudirman)

  • Share
error: Content is protected !!