SMP Negeri 4 Tanjungpinang Gelar MPLS, Dipastikan Edukatif dan Menarik

  • Share
Kepala SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Parida, M.Pd mengalungkan nama peserta secara simbolis pada apel Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru di lapangan sekolah tersebut, Senin, 10 Juli 2023. (Foto: SMPN 4 Tanjungpinang untuk Kepripos.id)

TANJUNGPINANG, (Kepripos.id)- SMP Negeri 4 Tanjungpinang menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru di hari pertama masuk sekolah.

Rangkaian MPLS diawali dengan apel pagi yang digelar di lapangan sekolah tersebut, Senin, 10 Juli 2023, dan dipimpin Kepala SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Parida.

Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan siswa secara simbolis kepada pihak sekolah guna dilakukan pendidikan hingga kelas 9. Dilanjutkan pengalungan nama siswa yang juga dilakukan secara simbolis oleh Kepala SMP Negeri 4 Tanjungpinang.

Ditemui Kepri Pos usai memimpin apel, Parida mengatakan MPLS merupakan kegiatan rutin dan wajib dilaksanakan setiap tahun ajaran baru pasca PPDB. Sebagai pengenalan terhadap peserta didik baru.

“Sekaligus bentuk penyambutan,” katanya.

Adapun tujuan MPLS, menurut Parida, untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Juga untuk memberikan pemahaman kebijakan dan prosedur sekolah, mengenal fasilitas-fasilitas yang tersedia, serta membangun hubungan sosial antara sesama siswa. Utamanya dengan para guru dan seluruh staf sekolah.

Kegiatan MPLS juga diisi dengan penyampaian visi misi, kurikulum, tata tertib sekolah dan perkenalan OSIS.

“Termasuk kegiatan ekstrakurikuler apa saja yang ada di SMA Negeri 4,” ujarnya.

MPLS bagi peserta didik baru ini dilaksanakan selama tiga hari. Parida memastikan kegiatan yang dilaksanakan bersifat edukatif, menarik, dan kreatif. Untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi seluruh peserta didik.

Magister (S2) Jurusan Administrasi Pendidikan itu menambahkan bahwa MPLS yang dilaksanakan di sekolahnya juga ditujukan untuk mengenali potensi diri peserta didik, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar yang efektif, serta menumbuhkan perilaku positif.

“Makanya dalam MPLS juga ada aksi unjuk bakat dari para siswa baru,” tuturnya.

Pada kegiatan ini SMP Negeri 4 bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk membekali peserta terkait materi yang diberikan selama MPLS.

Tampak para siswa baru antusias mengikuti rangkaian MPLS pada hari pertama tersebut. Mereka dengan semangat dan tekunnya mengikuti materi yang diberikan. Sementara sejumlah guru terlihat mengawasi jalannya kegiatan. (Yoyok Sudirman)

banner 120x600
  • Share