Wagub Marlin Ajak Jadikan Peringatan Nuzulul Quran Momentum Tadabbur Alquran

  • Share
WAKIL Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, didampingi Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin, menyerahkan santunan kepada anak yatim di sela peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kota Batam, di halaman Masjid Mukhtarul Arifin, Perum Taman Cipta Asri, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Rabu (27/3/2024).

BATAM, (Kepripos.id),- Peringatan Nuzulul Quran harus dijadikan momentum introspeksi diri sudah sejauh mana membaca, menghafal, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, saat menghadiri peringatan malam Nuzulul Quran tingkat Kota Batam 1445 Hijriah/2024 Masehi, yang digelar di Halaman Masjid Mukhtarul Arifin, Perumahan Taman Cipta Asri, Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Rabu (27/3/2024).

Hadir dalam kesempatan ini, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, para asisten di Sekretariat Daerah Kota Batam, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat dan lurah, serta tokoh agama se-Kota Batam.

Selanjutnya Marlin yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kepri tersebut, menguraikan, bahwa Nuzulul Quran terjadi pada 610 M, saat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibril, sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Alquran.

Alquran juga dijadikan sebagai pedoman berkehidupan. Di dalamnya terdapat bimbingan kepada kebaikan, perintah juga larangan, kabar gembira dan peringatan, serta ajakan menyembah Allah SWT semata.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam ini juga mengajak untuk tidak hanya menjadi pembaca pasif, melainkan menjadi pembaca aktif dan kritis, sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua,” ucapnya, sembari mengajak masyarakat menjaga kesatuan dan persatuan, serta meningkatkan ibadah di bulan Ramadan.

Santuni 1.500 Anak Yatim

Sebelum peringatan Nuzul Quran, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, dan Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, menyerahkan secara simbolis santunan kepada 1.500 anak yatim.

Peringatan Nuzulul Quran tingkat Kota Batam ini berjalan meriah karena diisi oleh penceramah kondang Ustaz Ahmad Rustandi dan penyanyi religi AI Khadija dari Ibukota.

Tampak ribuan jemaah juga terlihat sangat antusias menyaksikan peringatan Nuzulul Quran tingkat Kota Batam kali ini, yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam.

Sementara itu, dalam laporannya Sekda Kota Batam H Jefridin mengatakan, Peringatan Nuzulul Quran tingkat Kota Batam 1445 H/2024 M kali ini dimulai dengan menyantuni 1.500 anak yatim.

Dilanjutkan salat Magrib, berbuka puasa, salat Isya dan tarawih berjemaah, hingga pada acara puncak peringatan Nuzulul Quran.

“Kami minta maaf apabila acara ini ada yang tak sesuai pada tempatnya. Terima kasih kepada pengurus masjid dan masyarakat sekitar yang telah memberi izin melaksanakan kegiatan ini,” singkat Jefridin. (MC)

 

Safari Ramadan di Masjid Nurul Huda Bintan, Gubernur Serahkan Bantuan Rp102 Juta

banner 120x600
  • Share