Polda Kepri Adakan Operasi Ketupat Seligi 2024

  • Share

Natuna, kepripos.id Dalam rangka pengamanan Hari raya Idul Fitri 1445 H, Kepolisian Daerah (Polda) Kepri gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas sektoral Operasi Ketupat Seligi tahun 2024 bersama dengan Kepolisian Resor (Polres) se – Provinsi Kepri secara virtual melalui Video Conference (Vicon).

Dari Natuna, Kapolres Natuna yang diwakili  Wakapolres diikuti  Pemerintah Daerah Natuna, diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, serta Forkopimda dan Staceholder lainnya termasuk Ketua PWI Natuna mengikuti Rakor tersebut bertempat di Ruang Vicom Kantor Polres, Jalan Adam Malik Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Selasa (02/04/2024).

Dalam sambutan yang disampaikan oleh KapoldaKepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H mengatakan, dimusim mudik lebaran ini dapat diprediksikan khususnya di wilayah Kepri jumlah penumpang angkutan laut dan udara akan meningkat dari pada hari – hari lainnya.

“Untuk itu perlu adanya pengecekan dan kesiapan kondisi sarana dan prasarana pelabuhan dan bandara supaya pelaksanaan perjalanan dapat terjalan dengan aman dan nyaman,” ujar Yan melalui vicom dari Tanjung Pinang.

Ia juga menyampaikan untuk memenuhi ketersediaan dan kebutuhan pangan Polda Kepri telah melakukan monitoring kepada Dinas terkait supaya selama Idul Fitri berlangsung tidak terjadi kelangkaan dan suplay pangan dapat stabil serta tercukupi.

“Dalam menjaga ketersediaan pangan juga sangat penting adanya peran dari pemerintah daerah yang harus memperhatikan ketersediaan itu karena hal ini menyangkut dengan keselamatan manusia,” kata Yan.

Selain itu, Yan Fitri juga menjelaskan demi keberlangsungan pengamanan Idul Fitri yang kondusif wajib pedomani arahan dari presiden yang disampaikannya dalam sidang kabinet paripurna tentang persiapan ramadhan dan Idul Fitri di beberapa hari sebelumnya.

Seluruh Pimpinan Kementerian ataupun Lembaga terkait agar; Pertama, waspada dan Memastikan masyarakat dapat Beribadah dengan tenang dan khuysuk; Kedua, menjaga Persedian Pangan dan Stabilitas Harga Pangan khususnya Bahan Pokok; dan Ketiga, cek dengan benar Kesiapan Infaktruktur dan Moda Transportasi yang akan digunakan mudik oleh masyarakat.

Sementara itu, untuk mencegah krisis BBM dan LPJ Kepala Direktur Pertamina Bagus Sandopo menjelaskan bahwa pihaknya akan mengirimkan stock BBM dan LPG ke setiap Kabupaten/Kota se – Kepri, khususnya di Natuna akan dikirimkan minyak jenis pertalite sebanyak 544 KL dan Solar 831 KL.

“Insyaallah dari pihak pertamina akan memaksimalkan pengiriman itu supaya tidak terjadi kritis,” jelas Bagus.

Kemudian selain dari TNI/Polri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan,Pertamina, Basarnas, Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga akan siap mendukung penyelenggaraan pengamanan Idul Fitri kelak.

Menurut pihak BMKG cuaca sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri nanti dominan dalam kondisi cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan, serta kondisi gelombang laut dikategorikan rendah (0.5 – 1.25 m) sehingga sangat aman dalam melakukan perjalanan laut. * (Dayat)

banner 120x600
  • Share