Pilkada Gubernur dan 7 Kab/Kota Se-Kepri Ikut Pilkada Serentak 2024

  • Share

TANJUNGPINANG,(Kepripos.id) –Bursa calon kepala daerah sudah mulai memanas. Sejumlah nama pun digadang-gadang akan maju di Pilkada Serentak 2024.Para bakal Calon Gubernur, Bupati dan Walikota menyusun strategi dan Bulan Ramadhan menjadi ajang tebar pesona kepada masyarakat.

Nama Ketua DPD Golkar Kepri Ansar Ahmad dan Ketua Nasdem Provinsi Kepri H Rudi masih dominan untuk saat ini. Keduanya terus bergrilya mencari simpati masyarakat Kepri dan cukup populer karena belum ada bakal calon lain yang muncul. Artinya, kedua tokoh ini akan menjadi lawan yang berat bagi calon lain di pilkada serentak 2024.

Menurut Muslim Matondang,SH seorang pengamat politik menyebutkan, bahwa calon Gubernur, Bupati dan Walikota tak cukup andalkan Elektabilitas dan Popularitas. Paling tidak memiliki tiga modal utama yakni modal politik, modal sosial dan modal finansial, katanya.

“Strategi pemenangan dalam pemilihan kepala daerah, tidak cukup mengandalkan data elektabilitas dan popularitas kandidat,” ungkapnya.

Ada hal yang juga sangat menentukan lagi yaitu komunikasi. Artinya, komunikasi sosial kandidat juga perlu dipertimbangkan. “Ketika kandidat sekadar tahu mereka lebih populer dan tingkat keterpilihannya lebih tinggi, informasi ini belum bisa langsung dimanfaatkan untuk menyusun strategi pemenangan,”jelas Muslim.

Dalam pilkada serentak 2024 ini, jangan lagi publik hanya menerima informasi seputar kandidat melalui poster, baliho dan alat iklan kampanye lainnya. Namun, dampak paling besar justru berasal komunikasi kandidat terhadap masyarakat dan kelompok elemen masyarakat.

Lalu soal finansial harus mendukung. Kesiapan finansial kemudian digunakan untuk biaya sosialisasi, operasional, saksi dan dana kampanye.

Terakhir yang tak kalah pentingnya dan ini merupakan bahagian dari strategi kemenangan, karena ini pilkada serentak maka Calon Gubernur Kepri harus memiliki calon Bupati dan Walikota seperti Kota Batam, Kab Karimun, Kota Tanjungpinang, Kab Bintan, Kab Natuna, Kab Anambas dan Kab Lingga yang sejalan agar bisa saling membantu untuk memenangkan di daerah tersebut, ujar Pengamat Politik Daerah Muslim Matondang ,(1/4/24) di Tanjungpinang.

Lantas bagaimana Kriteria calon Gubernur dan Bupati/Walikota yang di ingin masyarakat Provinsi Kepri? Apakah tingginya Populeritas kandidat dan memiliki 3 modal diatas dapat menjadi patokan warga setempat sebelum memberi dukungan terhadap Calon pada pilkada di daerahnya? Ikuti terus berita-berita selanjutnya.*( Red)

Gubernur Kepri Ajak Gubernur Jabar Keliling Pulau Penyengat

banner 120x600
  • Share