Bupati Natuna Buka Pelatihan Teknis SAR Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

  • Share

Natuna, kepripos.id –Suatu bencana ataupun musibah, suatu kejadian yang tidak terduga, kapan dan dimana. Untuk itu pelatihan penanggulangan bencana  yang dilaksanakan oleh Kantor SAR Natuna perlu mendapat perhatian oleh  peserta dan mengikuti pelatihan secara seksama. Hal ini disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya pada acara  pembukaan bukaan  Pelatihan Teknis SAR Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (First Aid), bertempat di Aula Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Senin (23/10/2023).

Bupati Natuna Wan sampaikan  mengucapkan terimakasih kepada Basarnas yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Basarnas yang telah menggelar kegiatan pelatihan ini, semoga dengan adanya pelatihan ini yang sangat bermanfaat dan berguna untuk kita semua,” ucap Bupati.

Lanjutnya, Bupati Natuna juga berharap kepada Peserta Pelatihan bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius dan dengan sebaik mungkin.

“Melalui Pelatihan ini, Saya berharap kepada peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius agar bisa menambahkan pengetahuan dan wawasannya yang selanjutnya bisa diterapkan dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat,” harap Bupati.

Selepas Sambutannya, Bupati Natuna mengalungkan tanda peserta pelatihan sebagai simbol dibukanya pelatihan tersebut.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Basarnas Natuna, Serta Ketua atau perwakilan dari Forkopimda, serta tokoh masyarakat.

Kegiatan Pelatihan Pelatihan teknis pertolongan pertama pada kecelakaan (first aid) yang digelar oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kabupaten Natuna ini bertujuan untuk membentuk pencarian dan pertolongan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan kompetensi tentang teknik-teknik pertolongan pertama pada kecelakaan serta menyamakan persepsi dan pemahaman dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan di lapangan.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Sumber Daya (Kasumda) Alfiansyah menyampaikan bahwa Pelatihan teknis potensi SAR pertolongan pertama pada kecelakaan (First Aid) ini akan berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 28 Oktober 2023 yang diikuti oleh 50 Peserta, berasal dari Potensi pencarian dan pertolongan diwilayah Kantor pencarian dan pertolongan Natuna.

Dalam laporannya juga mengatakan ada beberapa materi yang akan disampaikan pada pelatihan ini diantaranya Substansi Badan Nasional pencarian dan pertolongan, Pertolongan Pertama, Resusitasi jantung paru, Oksigen terapi, Pendarahan, Penilaian dan pemindahan korban, Fraktur, Luka terbuka, Triage, dan Pembinaan fisik.*( Dayat)

banner 120x600
  • Share