Bupati Natuna Buka Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur

  • Share

Natuna, kepripos.id – Bupati Natuna membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kecamatan Bunguran Timur, bertempat di Aula Hotel Natuna, Jalan HR Soebrantas, Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Sabtu (20/01/2024).

Musrenbang tingkat kecamatan ini akan difokuskan pada Penetapan pembangunan ekonomi kemaritiman  dalam rangka mewujudkan masyarakat kabupaten Natuna yang unggul dan sejahtera.

Pada kesempatan itu, Bupati Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang ini sangat penting harus diadakan karena dengan kegiatan ini dari pihak kecamatan atau kelurahan dan desa bisa mengusulkan program serta kegiatannya kemajuan pembangunan kedepannya.

“Setelah diusulkan di kegiatan ini, nanti kami masuk ke APBD Kabupaten, juga akan tindaklanjuti usulan tersebut ke Provinsi Kepri dan Kementerian terkait,” sampai Wan Siswandi.

Namun Wan Siswandi juga katakan selain usulan dari kementerian yang harus ada tahapan dari Musrenbang tingkat kecamatan hingga ke Nasional, juga ada program dari Instruksi Presiden (Inpres).

 

“Kalau di Natuna program dari Inpres itu ada diantaranya di Serasan, Pulau tiga dan juga di Pulau laut pembangunannya,” kata Wan Siswandi.

Sambungnya, selain program kementerian yang harus ada tahapan – tahapan, akan tetapi ada juga dana dari kementerian yang diusulkan tidak melalui inpres ataupun Musrenbang.

Pada kesempatan itu juga Camat Bunguran Timur Hamid Hasan dalam sambutannya menjelaskan bahwa Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan/atau kelurahan.

“Sebelumnya sudah kami lakukan Musrenbang di tingkat kelurahan/Desa, untuk menindaklanjuti rencana pembangunan tersebut kita lanjutkan lagi ke tahap selanjutnya yaitu Musrenbang tingkat Kecamatan,” jelas Hamid.

Selepas Bupati Natuna membuka kegiatan, Camat Bunguran Timur memaparkan program dan kegiatan yang akan di usul untuk tahun anggaran 2025.

Usulan tersebut berjumlah 45 usulan, berupa pembangunan Fisik dan non fisik diantaranya peningkatan jalan lapis hotmix, peningkatan perekonomian masyarakat, percepatan penurunan stunting, pembebasan lahan, pembangunan serta lanjutan pembangunan, dan revitalisasi.

Selain  Bupati Natuna, Camat Bunguran Timur, Pimpinan OPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama. *( Dayat)

banner 120x600
  • Share