Yesi Susilawati Jabat Ketua DPC FPPI Anambas

  • Share
Pengurus DCP FPPI Kabupaten Kepulauan Anambas foto bersama usai musyawarah mufakat pemilihan ketua di Masjid Agung Baitul Makmur, Terempa, Kamis, 06 Juli 2023. (Foto: DPC FPPI Kabupaten Kepulauan Anambas untuk Kepripos.id)

ANAMBAS, (Kepripos.id)- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) FPPI Kabupaten Kepulauan Anambas resmi terbentuk, Kamis, 06 Juli 2023.

Pembentukan pengurus FPPI di kabupaten terluar NKRI ini dilaksanakan berdasarkan surat mandat Ketua DPD FPPI Provinsi Kepri, Nomor: Istimewa/DPD-FPPI/VII/2023.

Para pengurus yang terdiri dari 26 kaum perempuan dari berbagai unsur ini kemudian menggelar musyawarah mufakat untuk melaksanakan pemilihan ketua, di Masjid Agung Baitul Makmur, Terempa. Dan mereka akhirnya bersepakat menetapkan Yesi Susilawati, S.Pd.SD sebagai ketua DPC.

Yesi bersyukur organisasi yang konsern terhadap pemberdayaan perempuan dan anak ini akhirnya resmi terbentuk di Anambas.

Setelah 15 tahun Anambas menjadi kabupaten, menurutnya, baru di 2023 ini FPPI resmi terbentuk. “Itu berarti FPPI Anambas harus bekerja keras mengejar ketinggalan-ketinggalan dari daerah lain,” katanya.

Baginya, FPPI organisasi yang sangat pas bagi perempuan. Karena melalui wadah tersebut kaumnya dapat berpartisipasi dalam pembangunan sesuai peran dan fungsinya.

Apalagi, kata wanita Kelahiran Terempa, 42 tahun silam itu, perempuan jaman kini dituntut untuk menyuarakan pendapatnya. Serta turut andil dalam menentukan kebijakan yang berpihak kepada kaumnya. Maka, melalui FPPI-lah kaumnya akan menyalurkan peran.

Yesi berharap dengan terbentuk FPPI di Anambas juga dapat menciptakan peluang dan peningkatan pemberdayaan perempuan. Utamanya di bidang kewirausahaan. Serta, turut berperan serta dalam pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDART).

“Semoga DPC FPPI Anambas mampu menjadi penggerak kaum perempuan dengan menjalankan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” tuturnya.

Ketua DPD FPPI Provinsi Kepri, Anis Anorita Zaini dalam arahannya menjelaskan tujuan dibentuknya pengurus cabang sebagai bentuk komitmen organisasinya dalam memperjuangan pemberdayaan perempuan dan anak di semua daerah.

Dengan terbentuknya pengurus cabang di Anambas, semua program FPPI pastinya juga lebih mudah didelegasikan.

Pembentukan DPC FPPI Anambas, menurut Anis, juga sebagai bentuk kesepahaman akan pentingnya hak perempuan yang ada kabupaten dan kota di Kepri dalam berpartisipasi terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan gender. Dengan terus mendorong keterlibatan perempuan dalam berbagai bidang.

Untuk itu guna menjamin perempuan dapat partisipasi penuh dan efektif dalam pembangunan, salah satunya dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi perempuan.

“Termasuk kesempatan untuk memimpin di semua tingkat pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi dan sosial kemasyarakatan,” katanya. (Yoyok Sudirman)

banner 120x600
  • Share