Wakil Bupati Rodhial Resmikan Sanggar Harmadayu

  • Share
Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda resmikan Sanggar Harmadayu dan Gelar Seni Budaya
Spread the love

Natuna, Kepripos.id – Kesenian merupakan ekspresi jiwa manusia sebagai bentuk kehidupan yang warna warni masyarakat melayu yang dibalut nilai dan norma suci para leluhur. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda dalam sambutannya pada peresmian Sanggar Harmadayu dan Gelar Seni Budaya bertempat di Lapangan Voly Desa Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga Barat, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Senin  malam (01/08/2022).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Saifaullah Anggota DPRD Natuna daerah pemilihan III, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidkan dan Kebudayaan, Camat Pulau Tiga Barat, beberapa Kepala Desa, Muspika, Mahasiswa KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), tokoh masyarakat serta pengunjung.

Lanjut Rodhial, keberadaan sanggar seni hendaknya dapat dijadikan wadah implementasi kreatifitas masyarakat, sebagai upaya melestarikan kesenian budaya leluhur yang harus pula menjadi perhatian semua pihak.

“Pentingnya menjaga dan melestarikan budaya kesenian  sebagai upaya menjaga jati diri masyarakat melayu yang  dapat dijadikan sebagai penguat persatuan dan harmonisasi”. Harap Rodhial

Dalam kesempatan itu  Camat Pulau Tiga Barat, Junaidi menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam pembentukan Sanggar Harmadayu.

” diharapkan seluruh pelaku seni dan budaya setempat dapat terus menggali segala potensi warisan budaya yang dimiliki dan  jadikan sanggar ini sebagai wadah implementasi untuk merealisasikan seni budaya itu sendiri.” Ungkap Junaidi.

Masih Junaidi,  kegiatan seperti ini  merupakan  bentuk sinergitas antara pemerintahan desa, maupun BPD dan masyarakat dalam rangka  pelestarian aset negara berupa kesenian. Oleh karenanya pelestarian harus terus dilakukan dengan melibatkan semua pihak.

” untuk itu, diharapkan  mahasiswa Program KKN Umrah agar dapat mentransfer ilmu pengetahuan yang didapati di bangku kuliah  dalam berbagai kegiatan masyarakat, termasuk kesenian berasaskan budaya melayu”. pinta Junaidi.

Baca Juga

Gubernur Ansar Minta Pengawasan Pendistribusian JBKB dan JBT Diperketat

Dikesempatan itu pula Kepala Desa Pulau Tiga Rozain menyampaikan harapannya, melaui Sanggar Harmadayu  dapat dijadikan wadah untuk mengarahkan aktifitas generasi muda kepada kegiatan yang positif sekaligus mengembangkan kreatifitas dalam melestarikan senian budaya.

Baca juga

Tangani PMK Pemkab Natuna Bentuk Gugus Tugas

Acara diakhiri dengan penyerahan  penghargaan dan  piala serta dana bantuan untuk festival Gapura pada malam lebaran lalu, Pawai Antar RW, Festival Takbir Anak-anak, Festival Bedug    memberikan sumbangsih dalam pembangunan desa atas nama Karimi oleh Kepala Desa Pulau Tiga, Rozain.*(Irwanto).

 


Spread the love
  • Share