Wakil Bupati : Masyarakat Anti Sampah Wujudkan Wisata Bahari Ramah lingkungan

  • Share

NATUNA – Banyak sekali keluhan yang kami dengar dari turis manca Negara maupun lokal ketika datang ke Natuna banyak mendapati sampah-sampah di pinggir jalan serta sampah di tepi pantai, sehingga ketika mau mandi di laut para turis takut karena banyak sampah-sampah di laut yang bisa menyebabkan penyakit.

Kegiatan mulai menanam pohon dan bunga di tepi jalan serta penghijauan, sehingga tidak ada lagi hutan yang gundul agar para turis manca Negara maupun lokal datang ke Natuna bisa menghirup udara segar”, hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, pada acara Jum’at bersih dan penyerahan CSR Air Nav peduli lingkungan, bertempat di pantai piwang, 18/06/2021, Jum’at pagi.

Lanjut Rodhial, untuk mendukung kegiatan ini kami Pemkab Natuna akan turun ke Desa-Desa setiap hari Jum’at untuk melaksanakan kegiatan gotong royong bersama, guna mendukung program Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Natuna, dalam rangka perwudan wisata bahari yang ramah lingkungan.

Kami akan menjadi pelopor utama untuk menggerakkan masyarakat dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, aman, tentram dan enak dipandang sehingga menghirup udara terasa segar. Kami juga menghimbau untuk seluruh masyarakat Natuna untuk tidak membuang sampah sembarangan, buang lah pada tempatnya, harapannya.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Lingkungan Sedunia tepatnya pada tanggal 5 Juni 2021 kemarin, maka dari itu Air Nav dengan program peduli lingkungan memberikan bantuan dua unit tosa pengangkut sampah dan 80 unit tong sampah yang akan ditempatkan di dua tempat yaitu di Pering dan Jemengan, serta 10 papan pemberitahuan agar tidak membuang sampah sembarangan yang akan di sebar di beberapa titik yang ditemukan banyak sampah berserakan.

Dalam kegiatan yang sama Kadis DLH Natuna Boy Wijanarko menyampaikan “Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Lingkungan tanggal 5 Juni 2021 kemarin, dikarenakan ada beberapa kesibukan maka baru terlaksana sekarang ini sekaligus penyerahan bantuan dari CSR Air Nav, program ini merupakan program pertama kali dari Air Nav dalam rangka peduli terhadap lingkungan”.

Lanjut Boy, dalam rangka program peduli lingkungan ini maka kami akan meletakkan beberapa titik untuk tong sampah kontainer ini dengan meminta persetujuan masyarakat di sekitar tong sampah tersebut.

Untuk retribusi tong sampah telah memberikan PAD Natuna hampir mencapai 100 juta pertahunnya yang dimulai akhir 2019 lalu.
Kegiatan Jum’at bersih ini juga dihadiri oleh Plt Camat Bunguran Timur Hamid Asnan, serta undangan lainnya.**

Laporan : Irwanto

banner 120x600
  • Share