Untuk Menjadi Corong, SMSI Natuna Adakan Audensi dengan KPU Natuna

  • Share

Natuna, Kepri Pos– Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Natuna, menggelar audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna. Audiensi berlangsung di ruang kerja Ketua KPU Natuna, di Jalan Pramuka, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Jum’at (30/12/2022) pagi.

Ketua SMSI Natuna, Rian Sianipar menjelaskan, bahwa SMSI merupakan organisasi konstituen Dewan Pers. Di Natuna, SMSI memiliki keanggotaan merupakan perusahaan pers lokal sebanyak 10 perusahaan pers.

Dari 10 perusahaan media siber tersebut, 9 di antaranya sudah terverifikasi faktual oleh Dewan Pers, sisanya, masih proses verifikasi administrasi.

Kata Rian (sapaan akrabnya), seluruh perusahaan pers di SMSI Natuna, memberdayakan putra daerah Natuna, sebagai tenaga kerjanya.

“Artinya, SMSI Natuna juga berperan dalam menciptakan lapangan kerja bagi putra daerah,” ucap Rian.

Sementara, tujuan SMSI melakukan audiensi dengan KPU Natuna, dalam rangka mendukung seluruh proses tahapan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Kata Rian, SMSI siap menjadi corong informasi bagi masyarakat Natuna, agar seluruh program dan tahapan Pemilu yang disosialisasikan oleh KPU Natuna, dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh masyarakat di ujung utara NKRI.

“Kita ingin membantu KPU dalam hal penyebaran informasi, terkait Pemilu 2024. Tujuannya supaya dapat memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat luas, mengenai proses dan tahapan Pemilu tersebut,” tutur Rian.

Pemilik media siber harianmetropolitan.co.id itu menambahkan, SMSI Natuna juga siap membantu KPU Natuna dalam menangkal berita hoax, terkait kepemiluan. Sehingga jika ada informasi tidak benar soal Pemilu dan telah tersebar di masyarakat, seluruh media yang tergabung di dalam SMSI siap meluruskan informasi tersebut, sesuai informasi yang sebenarnya.

“Dulu pernah ada kejadian soal informasi yang salah tentang hasil Pemilu, dan itu sudah terlanjur tersebar di media sosial. Kami berharap kedepan hal-hal seperti ini jangan sampai terulang lagi,” harap Rian.

Sementara itu Ketua KPU Natuna, melalui Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Soimin, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pengurus SMSI Natuna, yang telah bersedia melakukan audiensi, dan membantu pihak KPU dalam mensukseskan tahapan Pemilu serentak 2024.

Menurut Soimin, media massa memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi tahapan Pemilu kepada masyarakat. Ia berharap, media dapat membantu KPU memberikan edukasi kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui proses tahapan Pemilu dan ikut mensukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Kita selalu terbuka dengan siapa saja, termasuk awak media. Kami sangat membutuhkan kritik dan saran, yang sifatnya membangun. Hal ini tentu akan membantu kinerja kami sebagai penyelenggara Pemilu,” ucap Soimin.

Kata Soimin, sebelumnya KPU Natuna juga berhasil menyabet piagam penghargaan, karena Natuna menjadi daerah di Kepulauan Riau (Kepri) dengan tingkat partisipasi masyarakat tertinggi, pada Pemilukada sebelumnya. Dan itu semua tidak terlepas dari adanya peran media massa.*(Fadil)

  • Share