Tradisi Bermain Alu Digemari Anak Muda Masa Kini

  • Share
FAN Lestarikan Seni Budaya Bermain Alu
Spread the love

Natuna Kepri Pos  -Permainan alu merupakan salah satu kesenian khas Natuna. Alu merupakan alat penumbuk padi, ementara lesung merupakan wadah padi untuk ditubuk. Lesung terbuat dari kayu gelondongan dengan diameter sekitar 120 cm dengan tinggi sekitar selutut orang dewasa.

Kala itu, sehabis panen padi para petani secara bersama-sama menumbukkan padinya dengan mempergunakan alu untuk menghasilkan beras.

Setelah beberapa bulan menggarap sawah maupun tegal, tentu rasa capeknya untuk melepas rasa senang selesai panen raya, peteni secara bersama membuat emping padi.

Peroses pembuatan emping, gabah kering digongseng terlebih dahulu, begitu padi diyakini matang, lalu dimasukan ke lesung, kemudian ditumbuk secara ramai-ramai dengan tingkah alu.

              Tampak atas teknik bermain alu

Kini, permainan alu yang ditemui sekarang ini hanya sebatas untuk sarana hiburan saja oleh karena itu banyak generasi muda yang tidak bisa bermain alu. Oleh karena itu Forum Anak Nasional (FAN) Kabupaten Natuna melakukan inisiatif latihan bermain alu setiap satu Minggu sekali. Hal ini disampaikan oleh Wan Akihirama Oktoreza siswa SMAN 1 Bunguran Timur, selaku Ketua Forum Anak Nasional (FAN) Natuna saat diwawancarai kepripos di Limau Manis pada Jumat (19/08/2021) sore.

tenik bermain agar alu tidak bertabrakan

Para anggota FAN Natuna melakukan latihan permainan Alu bersama para pemain Alu dari Desa Limau Manis. Latihan yang dilakukan sebanyak satu minggu sekali ini diharapkan dapat memotivasi anak-anak yang ada di Natuna untuk ikut bermain Alu dan dapat melestarikan kesenian-kesenian yang ada di Natuna.

         Teknik latih agar iramanya pas dinikmati

“Ini latihan minggu kedua kami harapannya dari latihan yang kami ( anggota FAN Natuna) lakukan ini dapat memancing dan memotivasi anak-anak Natuna agar mau bergabung dan belajar juga permainan alu. Kami selalu terbuka untuk siapa saja yang mau bergabung untuk belajar bermain Alu bersama kami, mudahan permainan tradisional ini dapat terus dilestarikan” Ujar Rama.*Red


Spread the love
  • Share