TNI AL Tangkap 1 Kapal Ikan Vietnam Di Perairan  Natuna Utara

  • Share
Spread the love

Natuna, kepripos.id – KRI Sultan Thaha Sayifudddin – 376 BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I, dalam rangka operasi Rakata Jaya-22 tangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam yang diduga mencuri ikan di Laut Natuna Utara.

Komandan KRI Sultan Thaha Syaifuddin – 376 Letkol Laut (P) Bambang Budiono, mengatakan pada Ahad (19/06) pukul 16.00 WIB, pihaknya yang sedang melaksanakan Operasi Rakata Jaya – 22 berada Perairan Laut Natuna Utara pada posisi 06° 30′ 115″ U – 107° 35′ 845″ T , pada saat operasi pihaknya menemukan KIA yang diduga sedang melakukan pencurian ikan.

Melihat kejadian tersebut pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap dokumen KIA BV 5119 TS, 9 ABK termasuk Nakhoda kapal.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan dugaan kapal BV 5119 TS yang di Nakhodai Tra Van Huyen berkebangsaan Vietnam itu melakukan tindak pidana perikanan yaitu melakukan aktivitas penangkapan ikan tanpa dilengkapi surat ijin penangkapan ikan kapal asing di perariran Indonesia.

Gubernur Kepri Adakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Unit DIT Rrekrimsus  Polda  Kepri

“diduga melanggar pasal 27 ayat 2 Jo pasal 93 ayat 2 UU RI Nomor 45 tahun 2009 tentang perikanan,” ucapnya.

Selain itu, kapal ikan asing berbendera Vietnam tersebut juga diduga melakukan aktivitas penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap yang dilarang yaitu menggunakan trawl.

 

Kemudian atas dugaan tersebut KIA beserta ABK dan Nahkodanya lansung dibawa ke Natuna untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“diduga melanggar pasal 9 jo pasal 28 UU RI Nomor 45 tahu 2009 tentang perikanan,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I menyampaikan saat ini para pelaku tersebut sudah dibawa ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal Ranai).

“Untuk 9 ABK termasuk Nakhoda didetensikan di Lanal Ranai, kemudian untuk kapal ikan asing berbendera Vietnam sandar di dermaga Pos TNI AL Sabang Mawang Lanal Ranai guna proses lebih lanjut,” ujarnya.*(Aulia)

Polres Natuna Laksanakan Giat Gowes Sepada Santai Memeriahkan Hari Bhayangkara Ke -76


Spread the love
  • Share