Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, TNI AL dan Angkatan Laut Vietnam Latihan Bersama

  • Share

Tanjungpinang, kepripos.id – Tingkatkan profesioanlisme prajurit, TNI AL bersama Angkatan Laut Vietnam menggelar latihan bersama bertemakan Coordinated Exercise 22B-1 (Codex 22 B-1) berlokasi di Batam & perairan Bintan.

Latihan yang dimulai sejak 30 Agustus 2022 ini dilakukan melalui beberapa kegiatan yang dimulai dengan penyambutan secara militer dan safety briefing kepada Angkatan Laut Vietnam.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kemas M. Ikhwan Madani dan Head of Delegation (HOD) VPN, Senior Captain Nguyen Van Ngan membuka Latihan Bersama (Latma) CODEX 22B-I di Gedung Nakula Guskamla Koarmada I di Batam.

Laksma TNI Kemas M. Ikhwan Madani mengatakan, pentingnya Latma ini tidak hanya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit namun juga menjadi awal upaya nyata pembangunan kepercayaan (confidence building measures) kedua angkatan laut dalam menciptakan lingkungan maritim di kawasan yang aman dan damai.

“Melalui interaksi sosial antar para pengawak kapal VPN dan KRI Bung Tomo-357 diharapkan akan terjalin persahabatan dan saling memahami,” kata Laksma TNI Kemas M. Ikhwan

Lebih lanjut, Laksma Kemas juga menekankan agar peserta melaksanakan rangkaian kegiatan latihan sesuai rencana dan mengutamakan keselamatan.

Sementara itu, Komandan KRI Bung Tomo – 357 Kolonel Laut (P) Ludfy mengatakan bahwa Latma CODEX 22B-I merupakan latihan pertama yang diadakan antara TNI-AL dan Angkatan Laut Vietnam sehingga menjadi tonggak sejarah kerjasama militer antara TNI-AL dan Angkatan Laut Vietnam.“Kegiatan ini melibatkan 3 unsur yang terdiri dari 2 unsur TNI-AL yaitu KRI Bung Tomo-357 , Helikopter HS1311 dan 1 kapal perang Angkatan Laut Vietnam 012-Ly Thai To,” terangnya.

Pada hari pertama latihan, di KRI Bung Tomo-357 berlangsung fase darat, berupa kegiatan OCS Brief, Table Top Exercise (TTX), dan Familiarisasi Replenishment at Sea (RAS) antar perwira beserta staf Departemen Operasi kedua unsur tugas.

“Rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan guna mendapatkan kesamaan pola pikir dan pola tindak di seluruh serial latihan saat manuver lapangan atau fase laut nantinya,” jelasnya.***(Alamsyah)

banner 120x600
  • Share