SMPN 4 Tanjungpinang Sukses Gelar Perjusa

  • Share
Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang peserta Perjusa foto bersama usai upacara pembukaan di lapangan sekolah. (Foto: SMPN 4 Tanjungpinang untuk Kepri Pos)

TANJUNGPINANG, (Kepri Pos),- SMP Negeri 4 Tanjungpinang sukses menggelar perkemahan Jumat  Sabtu (Perjusa) 16-17 Februari 2024.

Kegiatan dengan tema “Meningkatkan Pramuka Penggalang yang Mandiri, Kreatif, Disiplin dan Berakhlak Mulia” ini digelar di halaman sekolah.

Perjusa diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Kepala SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Parida.

Dalam sambutannya dia menyampaikan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang tercantum dalam kurukulum merdeka. Sehingga digelarnya kegiatan ini implementasi kurikulum tersebut.

Adapun Perjusa sendiri, ujar Parida, merupakan program yang diadakan untuk memenuhi SKU (Syarat Kecakapan Umum) pramuka sebagai syarat kenaikan tingkat penggalang. Sehingga kegiatan tersebut wajib bagi siswa kelas VII.

Kendati begitu, peserta Perjusa yang mengikuti kegiatan dua hari ini tidak hanya siswa kelas VII saja. Tapi juga melibatkan siswa kelas VIII, pembina pramuka, majelis guru, staf sekolah serta regu inti dari siswa kelas IX.

Parida menjelaskan kegiatan Perjusa diisi berbagai lomba dan keterampilan. Hal ini untuk mengembangkan bakat dan kemampuan peserta mengatasi tantangan yang dihadapi, menemukan cara hidup yang menyenangkan serta membina kerja sama.

Melalui pegiatan perkemahan ini pula para peserta juga diajak untuk berlatih berpikir cepat mengatasi masalah.

“Harapannya dapat menempa karakter peserta, menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi, memperkuat kebersamaan, mengajarkan toleransi dan bertanggung jawab pada diri sendiri maupun kelompok,” katanya.

Sejalan dengan itu, kegiatan pramuka juga dapat menumbuhkan rasa cinta dan semangat nasionalisme. Karena dalam kegiatan kepramukaan peserta diajarkan konsep tentang pentingnya memiliki nilai-nilai luhur seperti displin, beradab, mematuhi aturan, kreatif, kritis, dan terampil.

Nilai-nilai ini sangat penting bagi peserta didik sebagai landasan kuat dalam meneruskan cita-cita bangsa. “Oleh karena itu kegiatan pramuka sangat penting,” ujarnya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan briefing mengenai aktivitas yang akan dilakukan pada hari tersebut. Berbagai kegiatan dilaksanakan dipastikan untuk menguji keterampilan, kedisiplinan, kemandirian dan tanggung jawab peserta baik individu maupun secara kelompk.

Disambung kemudian dengan lomba yel-yel, pentas seni dan outbound dari setiap kelas hingga puncaknya pada malam hari, upacara api unggun.

Parida mengapresiasi peserta Perjusa yang sangat antusias mengikuti perkemahan. Apalagi dipastikan semua peserta hadir.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan orang tua dan partisipasi guru yang telah mendampingi siswa sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Besok harinya, peserta Perjusa mengikuti hiking yang digelar di Hutan Lindung Bukit Kucing, Jalan Ir Sutami.

Di hutan ini, selain melaksanakan kegiatan yang telah ditetapkan, peserta juga diajak bergotong royong membersihkan hutan, menanam pohon sekaligus tindakan pemeliharaan pohon. Kegiatan ini dilaksanakan berkaitan dengan predikat sekolah adiwiyata mandiri.

Acara lalu ditutup dengan pengukuhan pramuka penggalang SMP Negeri 4 Tanjungpinang yang disejalankan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba.  (Yoyok Sudirman)

banner 120x600
  • Share