Sedia 14 Kelas, SMANSA Tanjungpinang Terima 504 Siswa Baru

  • Share
Kepala SMA Negeri 1 (SMANSA) Tanjungpinang, Dr. Imam Syafii, S.Pd., M.Si. (Foto: Kepripos.id/Yoyok Sudirman)

TANJUNGPINANG, (Kepripos.id)- SMA Negeri 1 (SMANSA) Tanjungpinang menerima peserta didik baru sebanyak 504 orang tahun ini.

Berdasarkan rekapitulasi pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024, dari 504 siswa itu yang mendaftar melalui jalur prestasi sebanyak 75 orang. Sementara afirmasi 45 orang, pindah tugas orang tua 21 orang, dan zonasi 363 orang.

Kepala SMANSA Tanjungpinang, Imam Syafii mengatakan penerimaan peserta didik baru dilaksanakan secara online berdasarkan petunjuk tekhnis yang ditetapkan pemerintah.

Menurutnya, sebanyak 504 siswa baru itu dibagi ke dalam 14 kelas yang tersedia. Masing-masing kelas berisi 44 orang.

Imam memastikan ruang kelas yang disediakan sekolah luas dan nyaman untuk menampung 44 siswa tersebut.

“Karena ruang kelas yang baik dan layak merupakan salah satu aspek yang sangat mendukung terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif,” katanya ketika ditemui Kepri Pos di sekolahnya, Rabu, 12 Juli 2023.

Seluruh peserta didik baru ini kemudian mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 6 hari, sejak tanggal 10 hingga 16 Juli 2023.

Durasi MPLS, menurut Imam, sesuai surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Secara umum MPLS momentum perkenalan siswa yang baru masuk. Agar mereka bisa saling kenal. Utamanya mengenal lingkungan sekolah dan guru.

Adapun di SMANSA, materi yang diberikan selama MPLS terdiri dari 12 macam. Begini rinciannya: Kebijakan sekolah dan pendidikan karakter; Pengenalan kurikulum merdeka, kurikulum 2013, dan pembelajaran di SMA; Tata krama siswa dan tata tertib sekolah; Kesadaran berbangsa dan bernegara; Pendidikan kepramukaan; Wawasan wiyata mandala; Belajar efektif; Pembinaan mental; OSIS/OSN/ ekstrakurikuler; Mars SMAN 1 Tanjungpinang; Peraturan baris-berbaris (penyaji: Lanudal); Dan, penyuluhan penyalahagunaan Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Imam mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada seluruh siswa dan siswi baru SMANSA tersebut.

“Semoga anak-anak sekalian dapat menuntut ilmu dengan baik dan menjadi siswa yang berakhlak mulia,” katanya.

Sekolah, menurut Imam, akan terus berupaya memberikan pembelajaran terbaik dan berkualitas. Dengan prinsip pembelajaran yang ditekankan pada pendidikan karakter, mental, ideologi, rohani, pengetahuan, dan keterampilan.

Dengan prinsip pembelajaran tersebut diharapkan siswa, yang merupakan kader anak bangsa, kelak akan memiliki masa depan yang membanggakan.

Tak lupa Imam minta seluruh siswa berkomitmen mematuhi tata tertib dan peraturan sekolah. Sebagaimana tertuang dalam surat pernyataan yang telah ditandatanginya dan diketahui masing-masing orang tua.

Selanjutnya, mantan Kepala SMA Negeri 2 itu mengajak seluruh warga sekolah, termasuk masyarakat, berkolaborasi mendukung terciptanya suasana belajar yang aman dan menyenangkan. Guna mendorong siswa SMANSA untuk aktif, berprestasi dan berkarakter. (Yoyok Sudirman)

banner 120x600
  • Share