SAR Singapura Akan Lakukan Latihan Bersama Basarnas di Natuna

  • Share
Spread the love

Natuna, kepripos.id- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Republik Indonesia (RI) akan melakukan latihan pencarian dan pertolongan bersama Maritime Rescue Coordination Center (MRCC) Singapura di Natuna, Kepulauan Riau, pada Desember mendatang.

Direktur Direktorat Kesiapsiagaan Kantor Basarnas Pusat, Agus Haryono mengatakan Basarnas RI akan melakukan latihan Sar bersama MRCC Singapura pada Desember mendatang. Tujuannya untuk meningkatkan kesiapsiagaan bersama antara Indonesia dengan Singapura dalam melakukan pencarian dan pertolongan.

Latihan itu nantinya akan dilakukan di Natuna dengan melibatkan potensi Sar yang ada.

Ia menyebut sebelum melakukan latihan para peserta dari Indonesia akan mengikuti workshop pra pelatihan terlebih dahulu selama dua hari, dimulai pada Rabu 19 hingga 20 Oktober nanti.

“Kita punya program rutin latihan SAR gabungan tidak hanya dalam negeri, namun juga secara internasional. Kali ini dengan Singapura namanya latihan SAR Indo-Pura,” ucapnya di Kantor Sar Natuna, di Jalan Adam Malik, Kecamatan Bunguran Timur. Selasa (18/10).+

Ia menerangkan pembekalan itu sengaja dilakukan untuk melatih kemampuan dan menambah ketangkasan peserta.

Basarnas pusat sengaja menjadikan Natuna sebagai tuan rumah dalam latihan SAR internasional Indo-Pura 2022, sebab letak Natuna strategis.

Baca juga

Mentri Kelautan dan Perikanan Akan laksanakan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut di Natuna

 

Ia berharap seluruh peserta dapat mengikuti workshop dengan sungguh-sungguh, agar pada pelaksanan Latihan Desember mendatang berjalan dengan lancar.

“Kami harapkan para peserta dapat melaksanakan latihan dengan serius, profesional, semangat demi memberikan pelayanan Sar terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.*(Aulia)


Spread the love
  • Share