Ribuan Peserta Pawai Budaya Akan Memeriahkan HUT RI ke -78 di Natuna

  • Share
Spread the love

Natuna,Kepripos.id- 78 tahun sudah Negara Kesatuan Republik Indonesia  terbebas dari pembelengguan penjajah.

Rasa suka cita terlepasnya pembelengguan penjajahan dirayakan  setiap tahunnya di seluruh pelosok tanah air,  termasuk di negeri ujung Utara NKRI Kabupaten Natuna.

Bupati Natuna Wan Siswandi dalam rapat persiapan memeriahkan HUT RI ke 78 baik itu Permainan Rakyat maupun pawai Budaya serta pawai obor.

” Dipersilakan para paguyuban, PKK, Darma Wanita, Kepala Sekolah Ormas, OKP menampilkan Kebudayaan daerah masing di pawai budaya nanti” ungkap Bupati Wan Siswandi pada rapat koordinasi , bertempat di ruang rapat Bupati Natuna jalan Batu Sisir Bukit Arai Natuna Provinsi Kepulauan Riau ( 1 Agustus 2023).

Bupati Natuna didampingi Sekda dan Asisten 1 pimpin rapat pawai budaya HUT HUT RI

Tampak juga hadir dalam rapat Sekda Natuna, Asisten I, OPD, Kepala Sekolah SMP dan SMP Kecamatan Bunguran Timur, Ketua Paguyuban serta ketua organisasi Kecamatan Se Natuna  di Ranai.

Pawai budaya akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus pagi. Sementara pawai obornya dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus malam.

Rute pawai budaya, star dari Pasar Rakyat baru menuju Pantai Piwang, sedangkan pawai obornya mengambil star dari SMN 1 Ranai menuju Pantai Piwang.

Dari laporan masing-masing paguyuban,.sekolah, ormas dan OKP Pawai Budaya melibatkan peserta ribuan orang.

Dimana Pawai Kebudayaan  nanti diminta Paguyuban diminta untuk mempergunakan pakai adat dan kesenian untuk mengikuti pawai pembangunan.

” Keberagaman suku bangsa di Natuna  perlu kita tampilkan di pawai itu nanti”, ungkap Bupati.

Pawai obor star dari SMAN 1 Ranai  ke pantai Piwang, sementara dari pasar baru sampai ke pantai Piwang.

Kelompok  yang sudah melaporkan peserta Pawai Budaya  yaitu tim penggerak PKK 285 orang, GOW 159 orang,  DWP 230 orang, SMA 1 450, SMA 2 280, SMK N 1 70 , MAN 250, SMP1 siswa + guru 200 siswa+guru, Among Mitro membawa peserta 100 orang yang akan menampilkan Reok dan Kuda Lumping , HKS kompong 20 orang dan IKBS gendang lakhak 20 orang.

Untuk paguyuban, OKP dan ormas yang belum mendaftar peserta diharapkan segera mendaftar .

Untuk mendampingi barisan pawai Budaya disisipkan  OPD. Serta dimeriahkan oleh barisan drum band dari beberapa SMA/SMK*(Fadil)

 


Spread the love
  • Share