Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang: Penyampaian LKPJ Wali Kota TA 2023

  • Share
Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang Hasan menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota tahun anggaran 2023 kepada pimpinan dan anggota DPRD di ruang rapat kantor DPRD, Kamis (28/3).
Spread the love

TANJUNGPINANG, (Kepripos.id),- Dalam agenda rapat Paripurna DPRD Kota Tanjungpinang, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang Hasan, S.Sos menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota tahun anggaran 2023 kepada pimpinan dan anggota DPRD. Paripurna dilaksanakan di ruang rapat kantor DPRD, Kamis (28/3).

Hasan mengatakan, berdasarkan undang-undang dan aturan disebutkan bahwa Pemerintah Daerah wajib menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD.

“Yaitu memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut laporan pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama 1 tahun anggaran, guna mendapatkan rekomendasi DPRD sebagai bahan perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun berjalan di tahun berikutnya,” ucapnya.

Hasan dalam kesempatan itu menyampaikan pokok-pokok pencapaian pembangunan yang bersifat strategis, diantaranya menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) pembangunan di Kota Tanjungpinang. Untuk Indeks Pembangunan Manusia, Kota Tanjungpinang pada tahun 2023 mencapai 81.14, meningkat sebesar
0.56 poin (0.69%) dibandingkan dengan tahun sebelumnya (80.58).

Selama periode 2020–2023, IPM Kota Tanjungpinang rata-rata meningkat sebesar 0.49% per tahun. IPM mengukur capaian pembangunan manusia berdasarkan sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Selanjutnya Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kota Tanjungpinang pada tahun 2023 mencapai 96,79, nilai IPG yang lebih tinggi menunjukkan pemerataan pembangunan gender yang lebih baik.

Untuk indikator ekonomi, pertumbuhan ekonomi sektoral yang mengalami laju pertumbuhan terbesar atas dasar harga konstan adalah penyediaan akomodasi makan minum yaitu mencapai 20,67 %.

Selanjutnya sektor transportasi dan pergudangan pada urutan kedua dengan pertumbuhan ekonominya mencapai 11,22 %. Sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh sektor jasa perusahaan yang mana pertumbuhan ekonominya mencapai 10,14 %.

Selanjutnya pada indikator sosial, tahun 2023, persentase penduduk miskin di Kota Tanjungpinang mencapai 7,95 %, mengalami penurunan sebesar 1,90 % poin dibandingkan dengan tahun 2022. Jumlah penduduk miskin pada tahun 2023 sebanyak 17,67 ribu orang, mengalami penurunan sebesar 4 ribu orang dibandingkan dengan tahun 2022.

Garis kemiskinan pada tahun 2023 tercatat sebesar Rp 771.584 per kapita per bulan, mengalami kenaikan sebesar Rp 7.174 dibandingkan dengan tahun 2022. Selanjutnya pada tahun 2023, tingkat pengangguran terbuka di Kota Tanjungpinang mencapai 4,76%. Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 0,51 % poin dibandingkan dengan tahun 2022.

Mengenai realisasi APBD Kota Tanjungpinang, Hasan turut memaparkan penyerapan anggarannya.

“Anggaran Belanja Daerah sebesar Rp. 1.139.834.755.737,- dengan realisasi sebesar Rp 1.057.452.845.277,- atau 92,77%. Besaran realisasi belanja paling besar pada pelaksanaan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar mencapai 55,09?ri keseluruhan realisasi anggaran, berikutnya pada Pelaksanaan Urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar sebesar 15,61%,” paparnya.

Selain itu disampaikannya keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah Kota Tanjungpinang juga dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang diterima.

“Untuk tahun 2023 diterima sejumlah penghargaan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang dari berbagai lembaga, di antaranya diterima dari Badan Kepegawaian Negara, Ombudsman, Kementarian Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, Gubernur Kepulauan Riau, Arsip Nasional Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BKKBN dan KPK,” rincinya.

Hasan mengatakan akan terus fokus pada pelaksanaan roda pemerintahan, memastikan pelayanan terhadap masyarakat dan pembangunan melalui APBD Kota Tanjungpinang berjalan dengan baik.

“Selain ikut mensukseskan Pemilu, hingga program proritas yaitu pengendalian inflasi, ketahanan pangan, penurunan angka stunting, dan pengurangan angka kemiskinan,” ungkapnya.

Terakhir, atas pencapaian di tahun 2023 lalu, atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang Hasan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pelaku pembangunan di Kota Tanjungpinang.

“Kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD, Forkopimda, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Seluruh pegawai, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Pelaku Usaha, Organisasi Masyarakat, Para insan Pers dan seluruh Masyarakat atas kerjasama dan kolaborasi dalam melaksanakan pembangunan di Kota yang kita cintai ini,” tutupnya. (Prokompim)

 

Belasan Ribu Masyarakat Tanjungpinang Terima Bantuan Bahan Pokok


Spread the love
  • Share