Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dimulai Dari Lingkungan Keluarga Dan Gugus Depan

  • Share
Ka Kwarcab Natuna sematkan lencana

 

Natuna Kepri Pos- 14 Agustus 2021, merupakan hari yang disambut dengan suka cita oleh para anggota Gerakan Pramuka, karena organisasi kepramukaan kita genap berusia 60 tahun. Sekalipun sesungguhnya, gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah[1]pecah, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka. Karenanya, peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal, Gerakan Pramuka. Yang saya hormati, 1. Kakak-kakak Pimpinan Kwartir Nasional, Kwartir Oaerah, Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting, beserta para Andalan dan seluruh staf; 2. Kakak-kakak Pengurus Mabigus dan Gugus Depan yang berada di Kedutaan Besar RI dan Konsulat Jenderal RI di luar negeri; 3. Kakak-Kakak Pelatih di Pusat-pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka, serta Para Pembina di Gugus Oepan di seluruh Indonesia, yang saya banggakan; 4. Adik-adik Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, yang Kakak cintai.

Disampaikan Bupati Natuna Selaku Ka Kwartir Cabang Wan Siswandi, S.Sos,MSi dalam amanat Ka Kwarnas pada upacara memperingati hari jadi Keperamukaan ke 60 di Halaman Gudung Daerah Kabupaten Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, (18/08/2021) pagi .

Ka Kwarcab bersama forkopimda

Lanjut Ka Kwarnas, dari sejarah yang telah banyak dipaparkan, kita tahu bahwa gerakan pendidikan kepramukaan masuk ke Indonesia pada 1912. Pada saat itu, Indonesia masih dalam jajahan bangsa lain. Namun semangat kemerdekaan, membuat para pramuka yang saat itu disebut pandu, ikut pula berperan mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia. 034.2021 Samka Harpram60’21 (dasrah) 140821 1 034. 2021 Samka H8rpram 60’21 (dssrah) 140821 2 Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata masih terdapat cukup banyak organisasi kepramukaan di negara itu. Hal tersebut yang menyebabkan Presiden Soekarno dibantu Pandu Agung Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan sejumlah tokoh lainnya, menyatukan dalam wadah Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan. Melalui Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961, ditetapkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan satu[1]satunya wadah gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia.

Hal itu sejalan pula dengan arahan Bapak Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan. Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup. Kakak-kakak dan adik-adik yang saya banggakan, Walaupun kita bergembira dapat mengikuti peringatan Hari Pramuka dan sekaligus perayaan 60 Tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi pandemi Covid[1]19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu, membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut. Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga saya mengajak para pramuka di mana pun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema Hari Pramuka kita, yaitu “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

Ka Kwatir ranting se Kabupaten Natuna

Masih Siswandi, Kegiatan berbakti ini dapat dilakukan di mana saja, dimulai dari lingkungan keluarga dan gugus depan masing-masing, lalu berbakti pula membantu masyarakat. Itulah sebabnya, tema Hari Pramuka dan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah ””Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”. Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”. Peringatan Hari Pramuka tahun ini juga ditandai dengan menetapkan bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam Surat 034.2021 5smks Hsrpram60’21 (dserah) 140821 3 034. 2021 5smks Hsrpram 60’21 (dserah) 140821 4 Keputusan Kwartir Nasional No. 094 Tahun 2021.

Hal ini bukan berarti pada bulan-bulan lain Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat. Sudah jelas slogan kita “8erbakti Tanpa Henti”. Namun khusus di bulan Agustus, semua kegiatan bakti tersebut ditingkatkan, dilipatgandakan dan dimasifkan. Perubahan Perilaku. Diharapkan pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena dampaknya. Begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka. Banyak kegiatan yang terpaksa terhenti, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugus depan Pramuka.

Laporan komandan upacara

Saya juga mengajak kakak-kakak dan adik-adik untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira. Namun, kita tak boleh menyerah dan berputus asa. Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah. Tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat, yang juga meningkatkan imunitas kita. Hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan kita, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Kakak-kakak dan adik-adik yang saya hormati, Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita. Jangan pernah menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti. Segera setelah pandemi Covid-19, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi Covid-19. 8erbagai hal telah dilakukan, mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota Gerakan Pramuka, dan lainnya. Memasuki adaptasi kebiasaan baru, saya mengajak para pramuka untuk menjadi Duta 034. 2021 Semke Herprsm 60’21 (desrsh) 140821 5 Sekian sambutan saya, sekali lagi saya mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021, semoga Pramuka kita makin berjaya. 034. 2021 Ssmke Herprsm 60’21 (desrsh) 140821.

Sis juga sampaikan “ Pramuka merupakan kader pembaharuan dan pembangunan bangsa serta pemimpin di masa yg akan datang, untuk tetap penuh semangat dalam melaksanakan aktivitas dan kegiatan, walaupun dalam kondisi pandemi Covid 19 dan sebagai pelopor dan corong pemerintah dalam pengendalian dan pencegahan Covid 19 serta mensosialisasikan Program Vaksinasi Covid 19.*

 

Baca Juga https://kepripos.id/upacara-peringatan-hut-ri-ke76-kabupaten-natuna/

Peringati HUT RI ke-76 Bupati Natuna Kibar Bendera Merah Putih Bawah Laut

Laporan : Aulia

  • Share