Petani Benteng Pertahanan Bangsa Dalam Ketahanan Pangan

  • Share

NATUNA – Panen Bersama Di Hari Tani 2020 Natuna- Pemerintah kabupaten Natuna memberi apresiasi kepada petani yang telah serius menjadi profesinya sebagai petani. Namun kita perlu menjalin kesinegritas kesemua stekholder agar kebutuhan akan pertanian bisa terpenuhi, baik itu pengairan, pupuk, sarana dan prasarana tidak kalah penting persoalan pemasaran, hal ini disampaikan kepala dinas pertanian Kabupaten Natuna yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Hadi Suryanto,S.Pi,M.Msi pada giat panen padi bersama dalam rangka memperingati ini hari tani ke 57 di Desa Desa Batubi Jaya Kecamatan Bunguran Batubi Kabupaten Natuna, 24/09/2020.

Lanjut Yanto, Kita perlu mencari solusi pemasaran dari produk pertanian, ini deperklukan agar menjadi maknet bagi pemuda sebagai penerus pertanian. Sebagai orang beranggapan petani secara ekonomi tidak terlalu baik. Namun jika totalitas pertanian terpenuhi justru petani akan lebih sejahtera. Petani Perlu ditingkatkan SDMnya baik dalam teknis pengolahan lahan pertanian maupun penggunaan teknolegi pertanian.

Untuk pemupukan petenai hendaknya memulai beralih kepupuk organic dengan memempaatkan kotoran ternak, ini deperlukan agar kesuburan tanah tetap terjaga.

Dari sisi pemerintah sudah berupaya member solusi untuk penggunaan pupuk organic dari kotoran ternak sapi, oleh karena itu bagi yang sudah mendapat bantuan bergulir sapi agar bisa menambah jumlah sapinya, supaya terpenuhi kebutuhan pupuk organiknya, pinta Suryanto.

Kami perlu memberi apresiasi kepada tiga penerima bantuan sapi bergulir yang telah bisa menggulir sapinya sebanyak tiga ekor ( 2 betina dan pejantan-red) kepada yang lainnya. Bagi yang belum menggulirkan sapinya agar bisa melakukan penguliran, tentu sebuah harapan bagi yang lainnya, pungkas Yanto.

Pada Kesempatan itu Camat Bunguran Batubi memberi motipasi kepada petaninya,  Batubi memiliki potensi pertanian cukup baik, mulai hari ini kita harus mengaktifkan lahan yang kurang produktif, kita gali semua potensi desa, kita jadikan Batubi sebagai desa agro wisata, ini diperlukan agar hasil tani bisa terjual laris kepada pengunjung yang masuk ke Kecamatan Batubi, Jika banyak yang berkunjung tentu akan banyak pula uang akan berputar disana.

Juga turut hadir pada giat tersebut Kades Marno, Babinsa,kepala BPD Batubi Jaya, Kabid dan stap dinas pertanian serta penerima penghargaan penguliran sapi**

Laporan: Fadil

banner 120x600
  • Share