Perpisahan, TK Negeri 1 Tanjungpinang Gelar Gebyar Pentas Seni

  • Share
Kepala Sekolah TK Negeri Pembina 1 Tanjungpinang, Onni Yana, S.Pd. AUD menyerahkan ijazah secara simbolis kepada anak didiknya saat acara Gebyar Pentas Seni sempena Pelepasan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2022-2023, Sabtu, 17 Juni 2023, di aula sekolah tersebut. (Foto: Chandra Irawan untuk Kepripos.id)

TANJUNGPINANG, (Kepripos.id)- TK Negeri Pembina 1 Tanjungpinang menggelar Gebyar Pentas Seni sempena Pelepasan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2022-2023, Sabtu, 17 Juni 2023.

Acara digelar di aula sekolah tersebut.

Sebanyak 47 murid dari kelompok B yang lulus tahun ini. Mereka angkatan ke-29.

Kepala Sekolah TK Negeri Pembina 1 Tanjungpinang, Onni Yana, S.Pd. AUD mengatakan momen perpisahan adalah hari terakhir anak-anak menempuh pendidikan di TK. Setelah ini mereka akan melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Onni menyampaikan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya mengenyam pengetahuan dini di TK Negeri Pembina 1.

“Semoga pembelajaran yang dicapai anak-anak bisa menjadi bekal dan fondasi di tingkat selanjutnya,” katanya.

Dijelaskan bahwa selama di TK pendidikan anak-anak lebih dititikberatkan pada pembentukan karakter. Tujuannya untuk membentuk generasi yang beradab, disiplin, jujur, cerdas dan terampil sejak dini.

“Semoga kelak anak-anak semua menjadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua,” ujar Onni.

Menyampaikan sambutan dari atas podium, di hadapan murid dan para orang tua yang hadir, Onni tampak tak bisa menahan tangis mengucap kata perpisahan. Sesekali dia sesenggukan. Beberapa guru yang lain pun turut meneteskan air mata.

“Kenangan indah yang tak akan terlupakan. Kenanglah selalu bahwa kita pernah berkumpul, belajar dan bermain bersama,” ucapnya.

Sebagai kepala sekolah, Onni juga meminta maaf kepada para orang tua atas segala kekurangan.

Mewakili wali murid, Suci Wulandari, 32 tahun, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para guru yang telah membimbing anak-anak dengan penuh perhatian.

“Tak bisa kita pungkiri, guru sebagai pendidik sosok yang sangat berjasa bagi kemajuan dan kepandaian anak-anak kita,” katanya.

Adapun di tingkat TK, tidaklah mudah menghadapi anak yang datang dari berbagai macam latar belakang pengasuhan orang tua.

Maka, Suci menyampaikan permohonan maaf bila ada perbuatan anak-anak yang kurang berkenan. Termasuk miss-komunikasi yang mungkin terjadi dengan wali murid sehingga membuat hubungan renggang.

Sementara Sumiati, Pengawas TK dari Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, dalam penyampaiannya menginformasikan bahwa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini tetap sistem online. Baik tingkat SD maupun SMP. Petunjuk tekhnis dapat dilihat di laman web: sippdb-tanjungpinang.com.

Adapun jadwalnya, kata Sumi, untuk jalur afirmasi digelar 21-22 Juni. Jalur Prestasi: 26-27 Juni. Sedangkan jalur zonasi dan perpindahan orang tua: 3-5 Juli.

Gebyar pentas seni sempena pelepasan peserti didik berlangsung amat meriah. Anak-anak TK silih berganti tampil menyuguhkan berbagai macam atraksi seni. Di antaranya, pembacaan Gurindam 12, tari Melayu, tari kreasi, kompang, breakdance, hingga menyanyi solo.

Sekolah juga menyerahkan piagam penghargaan sebagai apresiasi kepada murid yang dinilai berprestasi.

Kegembiraan dan kebahagiaan tampak pada setiap raut muka wali murid yang hadir. Mereka seakan tak peduli hawa panas yang menyelimuti aula. Utamanya bagian belakang.

“Berlendir badan,” ucap seorang wali murid seraya memencet-mencet tombol kipas angin. (Yoyok Sudirman)

banner 120x600
  • Share