Peringati Nuzulul Quran, Hasan Ajak Masyarakat Amalkan Nilai Al-Quran

  • Share
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan menyampaikan sambutan pada peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M di Masjid Jami’ Miftahul Falah, Ganet, Rabu (27/3) malam.

TANJUNGPINANG, (Kepripos.id)— Sempena memperingati Nuzulul Quran 1445 H/2024 M, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar Tabligh Akbar di Masjid Jami’ Miftahul Falah, Ganet, Rabu (27/3) malam. Kegiatan diawali dengan sholat Isya dan Tarawih berjamaah yang dihadiri Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos bersama jajaran perangkat daerah dan masyarakat.

Hasan dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat muslim untuk terus mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Quran. “Malam Nuzulul Quran bukan sekadar momen untuk diperingati, tetapi juga untuk merefleksikan bagaimana Al-Quran dapat menjadi pedoman bagi setiap aspek kehidupan kita,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hasan juga mengajak masyarakat untuk bersatu dalam semangat kebersamaan dan kepedulian, serta menjaga toleransi antar umat beragama. “Mari kita terus tingkatkan toleransi dan semangat persatuan dan kesatuan agar terjaga kondusifitas dalam masyarakat,” ujar Hasan.

Hasan diakhir sambutannya berharap momentum Nuzulul Qur’an dimaknai dengan meningkatkan keimanan agar semakin mendekatkan diri kepada sang khalik. “Kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan memperbanyak amalan dan ibadah, terlebih di bulan suci Ramadhan ini. Kita budayakan sikap perilaku hidup yang penuh keikhlasan, kejujuran, peduli lingkungan dan rasa tanggung jawab,” tutupnya.

Sementara itu, dalam tausyiah oleh Ustadz Adi Subekhi, S.S., S.Pd dari Kota Batam, disampaikan bahwa Nuzulul Qur’an sebagai penyampaian wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran. “Pada malam turunnya Al-Qur’an, malaikat diutus oleh Allah SWT untuk turun ke bumi. Para malaikat itu diperintahkan untuk memberikan doa kepada setiap orang yang beribadah,” ucapnya.

Disampaikannya juga agar umat islam selalu membaca, belajar, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an serta memperbanyak ibadah dengan beriktikaf di masjid, tadarus Al-Qur’an, memperbanyak sedekah, sholat tarawih dan witir, memperbanyak zikir serta memperbaiki sikap agar bisa mendapatkan berkah di malam Nuzulul Qur’an. (Prokompim)

 

Indahnya Peringatan Nuzulul Quran Kota Batam

banner 120x600
  • Share