Penumpang Sepi Super Air Jet Tangguh Terbang Ke Natuna

  • Share
Wakil Bupati Natuna dan Direktorat jendral (Ditjen) Perhubungan Udara Gatot Riadi jempar pers terkait tundanya super jet beroperasi di Natuna

Natuna, kepripos.id – Maskapai Super Air Jet terkendala beroperasi melayani masyarakat di Natuna. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda usai rapat bersama dengan Dinas Perhubungan Natuna di Kantor Bupati Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Rabu (20/04/2024).

Penangguhan  ini lanjut Rodhial  disebabkan karena adanya penurunan yang signifikan jumlah data penumpang dari dan ke Natuna.

“Seharusnya di bulan April Super Jet nanti sudah masuk, namun karena adanya penurunan jumlah data penumpang mereka jadi ragu dan harus berpikir kembali untuk beroperasi atau tidaknya di Natuna,” Kata Rodhial.

Lanjutnya, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Natuna bersama dengan Dinas Perhubungan harus mengadakan rapat secara internal untuk mencari solusi mengahadapi masalah tersebut.

Terkait hal itu, Rodhial Huda menyampaikan pihaknya hanya bisa berupaya untuk meyakinkan pihak super air jet agar maskapainya dapat beroperasi di Natuna.

“Kami akan meyakinkan jika mereka beroperasi dengan harga tiket yang murah itu pasti berpotensi data penumpang akan naik, karena kalau dilihat dari jumlah data penumpang yang turun itu adalah maskapai Wing, berbeda lagi dengan maskapai Nam air justru naik,” ujar Rodhial.

Tambahnya, naiknya penumpang Nam air dikarenakan tiketnya lebih murah daripada maskapai Wing, sehingga masyarakat lebih memilih maskapai Nam air daripada Wing.

“Maskapai Wing itu tidak memiliki bagasi, sehingga jika kita berpergian dengan membawa koper harus membayar biaya tambahan,” tambah Rodhial.

Ia juga menuturkan jumlah data penumpang turun saat ini disebabkan pihak pemerintah daerah jarang melakukan kunjungan dinas di luar kota dan juga banyaknya masyarakat yang kurang mampu untuk berpergian melalui rute udara karena tiket yang terlalu mahal.

“Kita akan memberikan data yang konfrehensif lagi kepada pihak super air jet, supaya mereka menjadi yakin untuk beroperasi di Natuna,” tutur Rodhial.

Selain itu, Direktorat jendral (Ditjen) Perhubungan Udara Gatot Riadi mengungkapkan untuk meyakinkan mereka pihaknya akan mengumpulkan data dari pariwisata, perhotelan maupun industri untuk dijadikan bahan ajuan.

“Data yang diperoleh dan dikumpulkan, nantinya akan kami sampaikan kepada pihak super air jet, sehingga mereka dapat tertarik untuk beroperasi di Natuna,” ungkap Gatot.

Kata dia, pihaknya akan berkunjung ke maskapai super air jet setelah lebaran Idul Fitri, dengan harapan kunjungan itu akan membuahkan hasil.** (Dayat )

Safari Romadhon Di Batubi Pemkab Natuna Salurkan Bansos

 

 

 

 

banner 120x600
  • Share