Pemkab Natuna Peringati Nuzul Qur’an Untuk Pedoman Hidup Menuju Akhirat dan Sesama Mahluk 

  • Share
Photo bersama penyerahan  800 packet sembako secara simbolis dari CSR Merco Energi 

Natuna, kepripos.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna memperingati  Nuzulul Qur’an dan Ceramah agama, bertempat di Masjid Agung Natuna, Kompleks Gerbang Utaraku, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Rabu (27/03/2024).

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya Kitab suci Al – Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw yang diturunkan melalui Malaikat Jibril pada malam 17 Ramadhan.

Pada Malam Nuzulul Qur’an ini Pemkab Natuna mengusung tema Al – Qur’an sebagai pedoman dalam kerukunan hidup petunjuk keselamatan dunia dan akhirat.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda berharap kepada seluruh jamaah untuk dapat mendengarkan ceramah agama yang akan disampaikan oleh penceramah nanti tentang Al Qur’an, karena banyak hal yang bermanfaat yang akan disampaikan olehnya.

“Mudah mudahan kita dapat mengambil hikmah yang disampaikannya, karena nilai yang terkandung dalam Al Qur’an adalah pedoman yang harus kita jalani baik di Dunia maupun akhirat,” ujar Rodhial.

Rodhial juga mengajak kepada jamaah di sisa bulan ramadhan ini untuk perbanyak amalan dan ibadah kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan.

“Semoga kita di berikan keselamatan oleh Allah SWT dari api neraka dan menjadi lebih baik dari pada sebelumnya,” tutur Rodhial.

Selain itu, Asisten I bidang pemerintahan dan Kesra selaku Ketua PHBI Natuna Khaidir mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Natuna yang telah melaksanakan kegiatan Nuzulul Qur’an ini dan kepada masyarakat yang telah turut hadir dalam kegiatan.

“Mudah mudahan dengan kehadiran kita semua dapat menjadi keberkahan dan amalan baik terhadap Allah SWT.,” ucap Khaidir

Selanjutnya sebagai momentum Nuzul Quran ini, Ustadz Wariyono menyampaikan Tausiyahnya mengajak  seluruh jamaah untuk selalu mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupannya.

“Sebaik baiknya petunjuk adalah Al Qur’an, barangsiapa yang mempelajari dan membaca Al – Qur’an maka ia akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT,” Sampai Wariyono.

Lanjutnya, Al Quran memberikan pedoman kepada kepada dengan ayat muhkamat, agar kita memilki aturan beragama secara secara jelas.

” Aturan baik aturan untuk melakukan ibadah langsung kepada Allah ( hablum minallah, seperti sholat, puasa dan ibadah lainnya dan ibadah yang berhubungan dengan sesama mahluk ( hablum minannas) , seperti perniagaan, perkawinan dan lain sebagainya” tutupnya.

Selain itu, Al Quran juga menceritakan peristiwa masa lalu agar  lebih mengenal jati diri kita. Juga Al Qur’an menceritakan apa yang akan terjadi dihari esok,  baik semasa di Dunia maupun pembalasan  di yaumul akhir kelak, tutup Ustadz.

Pada kesempatan itu juga, Pemkab Natuna menyerahkan bantuan 800 packet  sembako dari CSR Medco Energi secara simbolis.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Natuna, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna,Forkompinda, Kepala Kemenag, Para Asisten sekretariat daerah, Pimpinan OPD, Sekwan,  dan Tokoh agama serta Masyarakat. * ( Dayat)

Pertamina Siap Iringi Kebutuhan Energi Selama Ramadhan dan Idul Fitri di Kepulauan Riau*

 

banner 120x600
  • Share