Pekan Expo Pulau Akar Dibuka Sekda Natuna

  • Share

Natuna, kepripos.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna Boy Wijanarko membuka secara resmi acara Pekan Expo Pulau Akar Tahun 2023, bertempat di Pulau Akar, Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Kamis (09/11/2023).

Selain Pekan Expo, kegiatan ini juga disejalankan dengan Jambore Kader Kesehatan Se – Kecamatan Bunguran Selatan yang di taja oleh Tim Penggerak PKK Bunguran Selatan.Pekan Expo Pulau Akar yang digelar oleh Pemerintah Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan tersebut  mengusung tema  yang kreatif dan inovatif mewujudkan desa yang produktif berdaya saing mandiri.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua pelaksana Putra Nurdiansyah bahwa kegiatan pekan expo ini akan berlangsung dari tanggal 06 sampai 12 November 2023 dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan.

Kegiatan yang dimaksud berupa festival mancing, festival karaoke, mengupas kelapa, memarut kelapa, dan menganyam  ketupat serta festival seni lainnya.

Dalam kesempatan ini Sekda Natuna Boy Wijanarko dalam sambutannya menyampaikan dalam melakukan kegiatan sebagai upaya mengangkat potensi wisata di daerah tersebut harus adanya penetapan kalender event pariwisata.

“Untuk menetapkan kalender tersebut harus adanya kolaborasi antara Pemerintah Desa dengan Dinas Pariwisata, supaya event yang direncanakan dpat terjalan dengan baik,” jelas Boy.

Lanjutnya, dalam mengembangkan dan mengenalkan wisata Natuna, Pemerintah Daerah telah merencanakan kepada pihak pusat untuk mengangkat Geopark Natuna dari nasional menjadi internasional.

“Natuna saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari Geopark Nasional, tidak sampai disitu saja supaya Natuna bisa lebih terkenal lagi hingga di manca negara. Kami dari pemerintah daerah telah mengajukan ke pusat bahwa agar Natuna bisa menjadi bagian dari Geopark Internasional ( Unesco Global Geopark)” ungkap Boy.

Pada kesempatan itu juga, Camat Bunguran Selatan Supardi dalam sambutannya mengatakan bahwa pekan expo pulau akar sudah dilaksanakan dua kali dari tahun sebelumnya.

“Pekan expo seperti ini pertama kali dilaksanakan pada tahun sebelumnya, dan berkat dukungan dari masyarakat serta pemerintah kegiatan ini bisa terealisasi kembali pada tahun ini,” tutup Supardi.

Pembukaan Pekan Expo sekaligus Jambore Kader Kesehatan ini ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita.*( Dayat)

banner 120x600
  • Share