Natuna Perolehi Peringkat Pertama Literasi se – Kepri

  • Share
Kepla Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah saat diwawancarai

Natuna, kepripos.id – Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2023 lalu, Natuna mendapatkan peringkat pertama literasi  se – Kepri.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Erson Gempa Afriandi usai peresmian   pencanangan dan launching branding Garda Pustaka di Perpustakaan Daerah Natuna, Kepri. Rabu (28/02/2024).

Kata Erson, Natuna berhasil meraih angka Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (ILPM) sebesar 82,45 persen.

“Angka yang didapatkan ini setelah diukur melalui 7 unsur yaitu pemerataan layanan perpustakaan, ketercukupan koleksi, ketercukupan tenaga perpustakaan, tingkat kunjungan masyarakat per hari, jumlah perpustakaan ber-SNP, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sosialisasi atau promosi, serta anggota perpustakaan,” jelas Erson.

Ia juga menjelaskan survey yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional ini selalu diadakan setiap tahunnya melalui pihak rekanan yang turun ke daerah – daerah atau dengan meminta data di daerah tersebut.

“Alhamdulillah saat hasil survey telah dikeluarkan, Natuna mendapatkan peringkat pertama se – Kepri,” ujar Erson.

Menurut dia, Keberadaan perpustakaan yang ada di desa – desa sangatlah mempengaruhi ILPM karena data-data yang dikirim ke pihak Perpustakaan Nasional adalah data – data yang berasal dari laporan perpustakaan di desa – desa.

“Keberhasilan Kabupaten Natuna dalam meraih peringkat tertinggi tidak terlepas dari peran perpustakaan yang ada di desa – desa,” imbuh Erson.

Terkait hal itu, Erson menegaskan pada tahun 2024 ini Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Kabupaten Natuna akan lebih meningkatkan lagi gerakan – gerakan pembangunan dan peningkatan literasi seperti Gerakan Desa dalam Pembangunan Perpustakaan atau lebih dikenal Garda Pustaka.* (Dayat)

Dispersip Natuna Launching Branding Garda Pustaka

 

 

 

 

banner 120x600
  • Share