Menkeu Berikan    Insentif Fiskal 18 Milyar Kepada Natuna

  • Share

Natuna, kepripos.id –  Atas capaian  Pemerintah Kabupaten Natuna mampu meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat pada Tahun Anggaran 2023. Atas penilaian itu, Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati   memberi penghargaan Insentif Fiskal.

Pemerintah Kabupaten Natuna masuk dalam daftar daerah yang mendapatkan penghargaan  Insentif Fiskal untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan Kategori Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat pada Tahun Anggaran 2023 dengan total 18 milyar.

Sesuai dengan PMK 97 Tahun 2023 tentang Insentif Fiskal, Untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan Kategori Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pada Tahun Anggaran 2023, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menganggarkan 3 Trilyun rupiah untuk Kabupaten Kota yang terdaftar.

Anggaran tersebut diberikan  kepada pemerintah daerah yang mampu yang mendapatkan nilai kinerja setiap kategori dalam mendukung kesejahteraan masyarakat yang terdiri dari: peringkat 1 (satu) sampai dengan peringkat 97 (sembilan puluh tujuh).

Hal ini dibenarkan Bupati Natuna, Wan Siswandi pada sejumlah awak media saat selesainya Upacara HUT TNI ke 78 di Pantai  Piwang, Natuna Provinsi Kepri, Rabu (4/10).

Lanjut Wan Sis,  pemerintah daerah mendapatkan Insentif Fiskal  sebesar 18 Milyar pada tahun berjalan, karena dinilai mampu merealisasi Belanja Penandaan Kemiskinan Ekstrem, kepatuhan pemerintah daerah dalam penggunaan dan verifikasi data pelaksanaan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem

“ yang ke tiga kategori penyerapan dan realisasi belanja APBD,” ungkap Wan Siswandi.

Wan Siswandi menjelaskan tincian Insentif Fiskal sebagai berikut:

1. Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem = 5.992.263.000
2. Kategori Kinerja Penurunan Stunting = 6.146.590.000
3. Kategori Kinerja Percepatan Belanja = 5.960.433.000

Kemudian masih Bupati, Insentif tersebut juga akan diprogramkan untuk kesejahteraan, diantaranya program pengentasan stunting.

Bupati Natuna Wan Siswandi juga sampaikan terima kasih kepada kementerian keuangan atas dana insentif yang diberikan ke Pemda Natuna.

“Alhamdulillah kalau Natuna dapat dana insentif fiskal, tapi menurut saya yang penting adalah terus kerja dan kerja demi kemajuan daerah,” tutup Wan Siswandi. *( Irwanto)

banner 120x600
  • Share