Marzuki : DOB Provinsi Solusi Peningkatan Ekonomi

  • Share

Natuna – Potensi Natuna perlu disukuri, seharusnya Natuna tidak ada lagi masyarakat miskin, namun kewenang Kabupaten beransur dipindahkan ke Provinsi, termasuk kewenangan Kabupaten Natuna ada yang berpindah ke Provinsi Kepulauan Riau, untuk perlu dibentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi, disampaikan Ketua Komisi II DPRD Natuna Marzuki kepada Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Natuna di ruang kerjanya, 30/03/2021 lalu.

Lanjut Marzuki, Rentang kendali Natuna dengan Ibu Kota Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau cukup jauh dan tidak efektif juga terjadi pemburosan keuangan daerah oleh biaya perjalanan dinas.

Saya melihat dari sisi ekonomi, pemekaran provinsi merupakan keharusan agar Natuna dan Anambas bisa menggali potensi alamnya secara maksimal, baik dari sector kelautan, pariwisata, kehutanan dan pertambangan.

Potensi sumberdaya kelautan kita cukup besar, baik perikanan maupun pariwisata, sementara kewenangan Kabupaten hanya sampai dibibir pantai, sehingga kedua sektor ini tidak bisa terkelola dengan baik.

Begitu juga dengan kewenangan hutan dan tambang, kesemuanya sudah pindah ke Provinsi, sementara pembangunan yang memerlukan timbunan terjadi tiap tahun, tentu akan mempersulit dalam pengurusan izin tambangnya, terang Zuky.

Bayangkan untuk ngurus izin bikin kelong, galian C saja harus ke Tanjungpinang yang seharus cukup di Natuna jika kewenangan itu masih di Kabupaten.
Oleh pertimbangan tersubut sudah selayaknya pemerintah pusat memberi DOB untuk Natuna dan Anambas, harap Ketua komosi II yang membidangi ekonomi.** R02

banner 120x600
  • Share