Latih Siskeudes Selamatkan Keuangan Desa

  • Share
Spread the love

Natuna, Kepripos.id Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko, melaunching sekaligus pembekalan bagi operator perencanaan dan penatausahaan keuangan desa yang berbasis sistem keuangan desa (Siskeudes), di Hotel Tren Central, Natuna, Kamis, 20 Juli 2023.

Acara yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) ini diikuti oleh seluruh apartur (Sekretaris dan Bendahara) Desa di Natuna.

Dalam arahannya, Sekda Natuna Boy Wijanrko Varianto, mengatakan, Sekretaris dan Bendahara memilik peran sangat penting, terutama dalam pengelolaan Dana Desa (DD). Oleh karena itu, ketika dalam perencanaan dan membuat regulasi, harus berpedoman kepada peraturan yang berlaku.

Boy mengingatkan, agar membuat laporan tidak sesuka hatinya. Apalagi sekarang ini pengawasan sangat ketat, mulai dari BPK, Kepolisan, hingga Kejaksaan.

“Bekerja dengan baik dan jangan buat laporan sembarangan. Hati-hati nanti terjerat masalah hukum, makanya selalu ikuti aturan yang ada,” tegasnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Boy berharap semua peserta memahami dan mendengarkan dengan baik-baik yang disampaikan narasumber.

Sementara, Kepala Dinas PMD Natuna, Anrizal Zen, berharap dengan sistem keuangan desa yang sudah berbasis online pengelolaan dana desa di Natuna lebih baik.

“Cukup dengan membuka laptop, dan memasukkan data, sudah bisa langsung terbaca,” ujar Anrizal Zen.

Ia menyebutkan, bahwa saat ini pengawasan dan kontrol dana desa sudah ketat. Dengan adanya sistem ini pengelolaan dana desa lebih efektif dan efisien serta pengambilan keputusan lebih akurat.

Anrizal Zen menuturkan, bahwa Natuna merupakan Kabupaten/Kota ketiga di Provinsi Kepri yang telah melaunching Siskeudes.

Mantan Camat Pulau Laut itu menerangkan, bahwa kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Sekdes dan bendahara se-Kabupaten Natuna dengan mendatangkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan *( Fadil)


Spread the love
  • Share