Khaidir : Potensi Desa Wisata Bernilai Baik Jika Dikelola Secara Baik

  • Share
ASisten 1 Khaidir ( tengah) membuka pelatihan kepariwisataan
Spread the love

Pelaku Wisata Kreatif Dan Inovatif  Akan Memunculkan

Produk Unggulan Wisata

Natuna,Kepri Pos– Bupati Natuna  diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat H. Khaidir, SE membuka pelatihan Digitalisasi branding pemasaran dan penjualan pada Desa wisata, bertempat di Hotel Tren Central Ranai Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Rabu(23/11/2022).

Objek Wisata / Geopark Nasional Natuna Pantai Batu Kasah

Dalam kesempatan tersebut Khaidir mengatakan, Natuna mempunyai potensi pariwisata  luar biasa  yang  harus dikelola dengan baik agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Natuna.Saat ini kita berada di era digitalisasi maka kita selaku pelaku wisata harus bisa memanfaatkan era digitalisasi untuk memunculkan inovasi dan kreatifitas setiap produk unggulan di sektor pariwisata.

Khaidir berharap,   dari pelatihan ini para pelaku wisata mampu menjual serta memasarkan produk wisata yang lebih efektif dan efisien agar masyarakat luar yang hendak berwisata ke Natuna bisa mengetahui dengan detail apa-apa saja produk unggulan dari setiap desa wisata yang ada di Kabupaten Natuna.

Dalam kesempatan itu pula Ketua Panitia Pelatihan Wan Andriko katakan, pariwisata merupakan sektor yang strategis dalam upaya pembangunan ekonomi Nasional maupun Daerah. Untuk itu  sektor pariwisata harus dikembangkan lebih modern lagi dalam upaya pemasarannya melalui jejaring sosial media, agar masyarakat luar bisa mengetahui perkembangan wisata di Natuna.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan digitalisasi branding pemasaran dan penjualan pada Desa wisata diikuti 40 orang peserta yang mewakili Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), komunitas dan pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) di beberapa Kecamatan Kabupaten Natuna.

Lanjut Wan Andriko, pelatihan pengelolaan digitalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola destinasi wisata agar dapat memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi dalam pemasaran pariwisata sehingga bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan pariwisata Natuna.

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung dari tanggal 23 – 25 November 2022, narasumber dari kegiatan ini yaitu Ahmad Sofian, SE, M. Si, AK Founder Natunamart, Devid Trinaldo Simatupang Batam Tourism Politechnic (BTP).

Selaku Narasumber pelatihan Ahmad Sofian mengatakan, masih banyak masyarakat yang tidak mengerti dalam menggunakan sosial media yang merupakan  lahan bisnis agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang dizaman sekarang ini.

“Adanya pelatihan ini bisa memberikan informasi  bisnis di media sosial dengan cara memberikan tampilan produk, baik itu produk makanan maupun paket wisata se-kreatif mungkin agar pembeli bisa tertarik untuk membelinya.

Kegiatan pembukaan pelatihan di hadiri oleh OPD, serta undangan lainnya.

Di Natuna, dimana-mana tempat adalah objek wisata yang indah, bak gadis cantik tampa bersolek sudah kelihatan cantik, apalagi disoleki, sekali pandang sulit untuk bepaling, selamat berwisata di Natuna.

*(Irwanto)

 

Transformasi Ekonomi Natuna, Bupati Wan Siswandi Butuh Jembatan Udara


Spread the love
  • Share