Kementerian ESDM Adakan Pelatihan Pengelola Geopark Natuna

  • Share
Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki

Marzuki Minta Pengenalan Geopark

Kepada Siswa Perlu Dioptimalkan

Natuna, kepripos.id – Asisten II Bidang Perekonomian Setda Natuna membuka secara resmi Pelatihan Pengelola Geopark Natuna, bertempat di Natuna Dive Resort Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna Provinsi Kepri. Senin (26/02/2024).

Pelatihan Pengelola Geopark ini bertujuan agar para peserta pelatihan bisa lebih mengenal dan berperan aktif serta kreatif dalam menjaga geopark di daerahnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Pelatihan Pengelola Geopark Natuna dalam acara pembukaan tersebut.

Penyerahan Cendara Mata

Pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian Natuna Basri dalam sambutannya mengatakan Natuna dijadikan sebagai daerah Geopark nasional pada tahun 2018 merupakan dorongan langsung dari Kementerian luar negeri sebagai soft diplomasi dari isu Laut China Selatan.

“Sebenarnya bukan karena kita siap ditunjuk, akan tetapi karena kita disiapkan,” ujar Basri .

“Inilah anugrah bagi daerah kita sebagai daerah 3T yaitu terluar, terdepan dan tercepat,” lanjut Basri.

Basri haturkan  terimakasih kepada Kementrian Energi Sumberdaya Mineral (  ESDM ) yang telah memilih Natuna sebagai tempat pelatihan geopark untuk masyarakat sekitar geosite.

“Mudah mudahan ini bukan kali pertama, Kalau bisa setiap tahunnya untuk menyelenggarakan pelatihan ini mengingat Natuna juga sebagai daerah geopark Nasional,” harap Basri.

Selain itu, Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM PPSDM Geominerba Dr . Raden Yudi Pratama Kementrian ESDM dalam sambutannya juga menjelaskan dalam menetukan geoside sangat penting adanya aspek geologi dalam geopark.

“Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya dengan konsisi geologi yang ada di dua samudera dan diantara dua gunung besar kita juga memiliki potensi -potensi sumber daya alam yang bagus,” jelasnya.

Perlu Pengenalan Giopark sejak dini kepada pelajar, baik sosialisasi geopark ke sekolah, juga perlu mereka diajak mengenal secara langsung di geosite-geosite apa itu geopark seutuhnya, hal ini disampaikan oleh ketua Komisi II Marzuki melaui selulernya (26/02/2024).

” Kalau berbicara geopark, tentu berbicara unsur geologi, budaya dan hayati yang berdampak pada peningkatnya perekonomian masyarakat sekitarnya”. ungkap Marzuki.

Kementerian PSDM memberikan Pelatiahan Pengelolaan Geopark Natuna

Lanjut Marzuki, dengan mengenal geopark seutuhnya berarti sudah menanamkan rasa cintanya kepada alam dan seni budaya mereka.

” kecintaan mereka terhadap alam, tentu mereka akan memelihara situs-situs dengan tidak merusak, baik dari unsur geologi, hayati dan melestarikan seni budaya negerinya sendiri”. harap Marzuki

Masih marzuki, dengan terjaga geosite itu sendiri tentu  akan terjadi kunjungan wisata atau peneliti baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Tentu hal ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi pada masyarakat sekitarnya.

” disinilah peran pengelola untuk menyiapkan sarana dan prasarana wisata, guide. hingga peran  masyarakat sekitar geosite untuk menyajikan kuliner-kuliner khas tempatan hingga  souvenir sebagai cendra mata, *(Fadil)

banner 120x600
  • Share