Kabag Ekonomi Wan Sazali:  Mengatasi  Kelangkaan BBM Solar Bersubsidi dengan Dua Cara

  • Share
Poto Ulistrasi SPBU Bunguran Selatan
Spread the love

Seiring dengan meningkatnya kesejahtraan nelayan membuat banyak yang beralih fropesi sebagai nelayan. Namun Pertumbuhan nelayan tidak sejalan  dengan jumlah BBM Solar bersubdi untuk nelayan, sehingga sering terjadi kelangkaan.

Natuna, kepripos.id– Membuka SPBU KOMPAK ( 1 harga-red) merupakan solusi mengatasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak solar bersubsidi untuk para nelayan. Nelayan  akan mendapatkan harga BBM solar dengan harga yang sama seperti di SPBU yang ada di kota-kota. Solusi lain, perlu didata kembali  jumlah kapal tangkapan nelayan. Hal ini disampaikan oleh Kabag Ekonomi Pemkab Natuna Wan Sazali di ruang kerjanya kantor Bupati Natuna, jalan Batu Sisir Kabupaten Natuna Provinsi Kepri. (16/06/2022).

Lanjut Wan Sazali, Untuk mengatasi terjadi  kelangkaan BBM solar Bersubsidi perlu pendaataan ulang jumlah kapal tangkapan ataupun pompong nelayan dan pendidrian SPBU KOMPAK.

“ Untuk tahun 2022 ini, Natuna mendapat  2 unit SPBU KOMPAK. SPBU tersebut akan dibangun di Kecamatan Bunguran Selatan dan Kecamatan Bunguran Utara. Kemudian Pemkab Natuna telah mengusulkan kembali sebanyak 6 SPBU KOMPAK, mengingat masih diperlukan SPBU KOMPAK untuk mendekatkan kepada  nelayan agar mereka mendapatkan  hak yang sama dalam harga BBM solar”. terang Sazali.

Kabag Ekonomi Pemkab Natuna, Wan Sazali

Masih Sazali, yang perlu dilakukan secara cepat yaitu pendataan nelayan yang memiliki pompon serta tonasenya, sementara  untuk mendapat BBM solar perlu direkomendasi pihak Kecamatan yang diketahui dinas Perikanan.

“Ini kita perlukan agar penyaluran BBM solar bersubsidi lebih tepat sasaran”. tambah Sazali.

Masih Kabag Ekonomi, Kuota BBM Solar bersubsidi tahun lalu (2021-red) untuk Kabupaten Natuna sebesar 7.275 ton dan teralisasi 8,139 ton, melebihi dari kuota sebesar 9%. Ditahun 2022 BPH Migas memberi kuota untuk Natuna sebesar 7.751 ton ( kenaikan 5% dari kuota tahun 2021).

“ untuk pengawasan penyaluran BBM bersubsidi , Bupati Natuna telah mengularkan Surat Keputusan  Nomor 81 tahun 2022, untuk itu diharapkan kerjasama semua pihak untuk mengawasi pendistribusian agar lebih tepat sasaran” ungkap Sazali.

Do’a selamat mengawali pembukaan SPBU jalan Munung Laut Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan

Dari pantauan kepripos.id, persiapan pembangunan SPBU Bunguran selatan akan segera dikerjakan. Do’a selamat yang dihadiri Camat Bunguran Selatan Supardi, menandai akan dimulainya pengerjaan SPBU.  Hal ini   benarkan oleh Idris selaku orang dipecayai oleh PT.  Natuna Jasa Prima untuk mengkoordinir selamatan tersebut.

Pemerintah Kecamatan Bunguran Selatan Gelar Apel  Hari Jadi ke- 14

 

“ Ya, informasi dari Direktir , dalam waktu dekat ini akan dimulai pengerjaan dengan diawali pengerjaan pematangan lahan seluas 30 x 50 m2 dan sedikit penimbunan” ungkap Idris.

Sampai berita ini diturunkan pihak perusahaan PT. Natuna Jasa Prima masih belum menjawab konformasi dari mendia ini.

Lokasi akan dibangunnya  SPBU Kecamatan bunguran selatan terletak di jalan Munung Laut Desa Cemaga. *( Fadil).


Spread the love
  • Share