Hasan Ajak Masyarakat Tanjungpinang Kembali Budayakan Gotong Royong

  • Share
Pj. Wali kota Tanjungpinang, Hasan tampak turun langsung membersihkan drainase di sekitaran Tugu Pesawat Raja Haji Fisabilillah, Ganet, Minggu (1/10).

TANJUNGPINANG, (Kepri Pos)- Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama sejumlah organisasi kemasyarakatan kembali menggelar gotong royong membersihkan lingkungan.

Setelah sebelumnya di Pulau Penyengat, hari ini, Ahad, 1 Oktober 2023, bersih-bersih dilaksanakan di seputaran Tugu Pesawat Raja Haji Fisabilillah, Ganet.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan dan jajaran turun langsung dalam kegiatan yang juga berkolaborasi dengan mahasiswa dan kepolisian ini.

Adapun dari sejumlah organisasi yang hadir, salah satunya Komunitas Bersama Gotong Royong (Kombesgor) Provinsi Kepri. Komunitas yang satu ini memang dikenal aktif membersihkan lingkungan. Selalu bergotong royong setiap akhir pekan.

Tak mengherankan bila Hasan menyampaikan apresiasi. “Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusinya,” katanya.

Hasan menilai Kombesgor telah membawa dampak positif terhadap lingkungan. Dengan mengusung asas gotong royong, program Kombesgor merupakan bentuk nyata solidaritas sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Sementara melalui kolaborasi antara Pemko dan sejumlah elemen masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih ini, Hasan berharap pula dapat mengedukasi masyarakat. Untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan. Karena dampaknya akan langsung terasa dalam kehidupan.

Ia berpesan, kebersihan tanggungjawab semua orang. Bukan hanya pemerintah atau sekelompok masyarakat saja.

Maka, dengan aksi nyata ini masyarakat diharapkan memiliki kesadaran untuk terlibat aktif. Setidaknya janganlah membuang sampah sembarangan. Dan, perhatikanlah kebersihan drainase.

“Untuk meminimalisir risiko banjir. Juga menghindari berbagai penyakit yang bersumber dari lingkungan kotor,” ujarnya.

Hasan juga tak mau kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilaksanakan hari ini hanya bersifat temporer. Bekas Kepala Diskominfo Provinsi Kepri ini ingin aksi bersih-bersih dapat terus digalakkan.

“Jadi mari kita kembali membudayakan gotong-royong,” ucapnya.

Ketua Umum Kombesgor Provinsi Kepri, Hadi Mulyanto mengatakan organisasinya telah rutin bergotong royong sejak 2018 silam. Tujuannya tentu untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Semoga apa yang kami lakukan membawa perubahan sosial bagi masyarakat,” katanya. (Yoyok Sudirman)

banner 120x600
  • Share