Hadiri Malam Gelar Budaya Dendang Piwang Subi, Bupati Pesan Lestarikan Budaya

  • Share
Sambutan Bupati Natuna, Wan Siswandi pada gelaran budaya Dendang Piwang di Lapangan Voli Desa Subi Besar Timur (Sumber Foto: Diskominfo Natuna).
Spread the love

Natuna, kepripos – Setelah pada siang harinya Bupati Natuna dan rombongan melaksanakan berbagai agenda kunjungan kerjanya di Kecamatan Subi seperti jalan santai, pada malam harinya Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda serta rombongan menghadiri Gelar Budaya Dendang Piwang di Lapangan Voli Desa Subi Besar Timur. Minggu (19/05/2024) malam.

Tari persembahan makan sirih sebagai pembukaan Gelar Budaya Dendang Piwang oleh Sanggar Seni SMPN 2 Subi (Sumber Foto: Diskominfo Natuna).

Dalam sambutan Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan bahwa budaya dan kesenian tradisional daerah harus selalu dilestarikan dan dijaga sama-sama oleh kita sebagai generasi penerus bangsa.

“Dendang Piwang ini merupakan pertunjukan yang menitikberatkan kesenian-kesenian tradisional dan budaya tradisional yang harus kita hargai dan hormati yang tentunya juga sebagai pengingat kepada masyarakat untuk terus melestarikan budaya ini seperti yang ditampilkan putra-putri Subi tadi,” papar Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Kemudian Bupati Natuna juga berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan.

“Dengan adanya Turnamen Sepak Bola yang telah saya buka tadi sore, saya berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar Subi ini selalu terjaga dan aman. Tujuan turnamen ini adalah sarana kebersamaan dan silaturahmi. Jangan mencari hadiahnya tapi cari kekeluargaan dan kebersamaannya,” ujar Wan Siswandi.

Sambutan Camat Subi, Syarifuddin dalam Malam Gelar Budaya Dendang Piwang. (Sumber Foto: Diskominfo Natuna).

Selanjutnya Camat Subi, Syarifuddin dalam sambutannya berterima kasih kepada Bupati Natuna dan rombongan yang berkesempatan hadir dalam Malam Gelar Budaya Dendang Piwang di Kecamatan Subi ini.

“Terimakasih kepada Bapak Bupati Natuna beserta rombongan yang dapat singgah di Kecamatan Subi dengan telah melaksanakan berbagai agenda karena Bupati Natuna ini memang sangat dinantikan kedatangannya ke Kecamatan Subi,” ujarnya.

Setelah sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan penampilan kesenian daerah, selanjutnya ceramah budaya oleh ketua LAM Natuna, dan diakhiri dengan pemberian bantuan oleh Bupati Natuna kepada masyarakat setempat.

Selanjutnya, Bupati Natuna juga secara khusus menyerahkan bantuan dana kepada Kecamatan Subi dan Desa Subi Besar Timur untuk menunjang acara Malam Gelar Budaya Dendang Piwang dan juga Open Tournament Subi Besar Timur Cup 2024.

Kemudian Bupati Natuna juga menyerahkan bantuan berupa Bantuan Insentif untuk Guru Ngaji Rumahan, Alat Musik Qosidah Untuk LASQI Kecamatan Subi dan Kecamatan Pulau Panjang, dan Seragam LAM Kecamatan Subi dan Kecamatan Pulau Panjang.

Penampilan Kesenian Tradisional padaGelar Budaya Dendang Piwang (Sumber Foto: Diskominfo Natuna).

Dalam Gelar Budaya Dendam Piwang Subi ini menampilkan beberapa kesenian seperti Kesenian Hadrah Tradisional dan Kesenian Rebana oleh Sanggar Serumpun Kampung Desa Meliah, Kemudian juga ada Tari Kreasi yang akan ditampilkan oleh Sanggar SMAN 1 Subi, Tari Kreasi yang akan ditampilkan oleh Sanggar SDN 01 Subi, Tari Kreasi dari Sanggar Seni TKN 02 Subi, Qosidah oleh ibu-ibu PKK P3DT Desa Subi Besar Timur dan Lagu-lagu Melayu oleh Orkes Melayu Gazali.

Setelah menghadiri Malam Gelar Budaya Dendang Piwang, Bupati dan Wakil Bupati Natuna beserta rombongan langsung bertolak dari Pelabuhan Subi untuk kembali menuju Kota Ranai. **(Dayat)

MTQH X Provinsi Kepri 2024 Digelar 8 Hari di Batam, Dibuka Langsung Gubernur Ansar

Pemda Natuna Akan Gelar Parade Jetski Bertaraf Internasional di Serasan

Bupati Natuna Buka Open Tournament Subi Besar Timur Cup 2024 Cabang Sepak Bola


Spread the love
  • Share