Festival Beduk dan Semarak Ketupat Sambut Hari Raya Idul Adha 1444H

  • Share

Natuna, Kepripos.id. Takbir, tahmid dikumandangkan oleh Wakil  Bupati Natuna Rodhial Huda, Menandai dimulainya Festival Beduk dan Semarak Ketupat Hari Raya Idul Adha 1444H.

Festival yang ditaja oleh Kelurahan Bandarsyah ini diselenggarakan  Kelurahan Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna dibuka oleh Wakil Bupati Rodhial  Natuna ditandai    pemukulan tingkah beduk.

 

Festival ini diselenggarakan di halaman  Tugu Gasing Bandarsyah (28/06)  mengikutkan  sertakan peserta;  RW 09 Sual , RW 07 Air batu , RW 01 Bandarsyah RW 08 Padang Karakter, RW 10 Air Raya, SMP IT NIQ, RW 05 Pering , RW 06 Pering , SMP Nurul Jannah , RW 04 Bandarsyah RW 03 Air Raya, RW 02 Padang Kurak, SMA 2 dan MAN 1 Natuna.

 

Wakil bupati memberikan sambutan festival beduk dan semarak ketupat

Lurah Bandarsyah selaku ketua  panitia penyelenggara menyampaikan, tingkah beduk merupakan tradisi yang perlu dipertahankan dan dicintai anak-anak.

” Anak yang senang akan tingkah beduk secara tidak langsung akan memotivasi neraka untuk datang ke Masjid” ungkapnya.

Lanjut Lurah bandarsyah, dalam sehari  beduk dipukul sebanyak 5 kali sebagai penanda masuknya waktu sholat.setiap lima waktu ditabu beduk menandai masuki waktu sholat, tradisi ini perlu dipertahankan dari perkembangan zaman.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyambut positif kegiatan ini yang setiap tahunnya  diadakan dalam rangka Menyiarkan Islam .

” Kegiatan  ini membuat anak-anak kita bergembira. Karena kegiatan seperti ini bagi anak-anak kecil sangat berkesan bagi mereka hingga besar nantinya” ungkap Rodhial.

Wakil bupati tutupi festival beduk dan semarak ketupat

Festival yang dibuka dengan Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Festival Beduk Dan Semarak ketupat 1444H  Resmi Saya Buka. Selanjut Wakil Bupati didampingi Waka Polres Natuna, Camat Bunguran Timur, Wakil Ketua MUI beserta muspika menabuh beduk.

Tentu suatu yang ditunggu  yaitu pengumuman dewan juri.

 

Dewan juri festival di percayai kepada H. Harmidi, Hadisun dan hairul Anuar menyampaikan dasar-dasar penilaian mereka dan memutuskan;

Juara 3 nomor undian 13, jumlah nilai 245 dari  SMAN 2 Bunguran Timur. Selanjutnya  juara 2 dengan jumlah nilai 266 nomor undian  06 dari SMP IT jumlah nilai 266 , sedangkan juara 1 diraih oleh peserta undian 12 dengan jumlah nilai  273 dari  RW 03 Padang Kurak. *( Fadil).

 

banner 120x600
  • Share