Dorong Peningkatan Ekonomi melalui Pengelolaan Pangan Mandiri Bupati Natuna Serahkan Pupuk

  • Share
Bupati Natuna serahkan bantuan pupuk NPK kepada kelompok tani Kecamatan Batubi
Spread the love

Natuna, Kepripos.id-ko  Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah infrastruktur ekonomi, bagaimana pemerintah sedang mendorong perbaikan perekonomian masyarkat melalui pemberdayaan pangan secara mandiri. Hal ini disampaikan  Bupati Natuna Wan Siswandi pada acara penyerahan  bantuan pupuk dari   corporate social responsibility ( CSR ) konsorsium Pabrik Pupuk Indonesia kepada petani  Kecamatan Batubi, bertempat di gedung serba guna desa gunung putri, Kecamatan Batubi. Selasa, (16/012024).

Lanjut Wan Sis, ada dua aspek yang dapat didorong dalam peningkatan ekonomi di Kabupaten Natuna, yaitu Perikanan dan Pertanian. Sehingga pemberian pupuk hari ini, kita berharap masyarkat yang berprofesi sabagai petani dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas ekonomi secara mandiri.

Wan Siswandi menekankan, pemberdayaan pangan mandiri juga dapat menekan kelangkaan pangan serta pemenuhan kebutuhan masyarakat Natuna secara umum dibidang pertanian.

” Kita berharap bidang pertanian dapat mengimbangi hasil kelautan dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Natuna secara lebih luas ” terang  Wan Sis.

Bupati Natuna juga menyampaikan bahwa ada beberapa pembangunan yang telah dilaksanakan, diantaranya jalan dari Semedang – Batubi telah dikerjakan pada tahun 2023.

” Pemerintah terus mendorong pembangunan di desa-desa sesuai dengan skala prioritas pembangunan dimasing- masing kecamatan. Dimana salah satu prioritas yang telah dikerjakan adalah pembangunan jalan Semedang sampai dengan Batubi ” tutupnya

Sementara Camat Bunguran Batubi , Mujahiddin menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bupati dan rombongan dalam rangka menyerahkan langsung bantuan pupuk kepada petani di kecamatan Batubi khususnya Desa Gunung Putri dan Batubi Jaya.

” Kita berharap melalui bantuan ini dapat meningkatkan produktifitas masyarakat petani yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Kecamatan Batubi khususnya” Jelas Camat Batubi.

Acara penyerahan pupuk ditandai dengan penyerahan pupuk langsung yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Natuna kepada perwakilan petani  Batubi  sejumlah 400 kg.

Acara penyerahan itu juga dihadiri oleh beberapa OPD, Kades, BPD sekacamatan Bunguran Batubi dan Kelompok Tani.

 

Plt Kadis Pertanian ( Ketapang ) melaui selurnya menyampaikan, akan diserahkan juga kepada petani di Kecamatan Buguran Tengah sebesar 400 kg, sementara Buguran Timur 200 kg.

” untuk pupuk NPK CSR ini, pihak Ketapang hanya bersipat menyalurkan saja, sementara yang menentukan kelompok penerima pupuk sudah ditentukan oleh pihak CSR”, terangnya.

Sementara pupuk subsidi dari pemerintah pusat sudah diajukan oleh Bupati, hanya saja yang berhak menebus adalah kelompok tani itu sendiri. *(Aulia).


Spread the love
  • Share