Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya Majukan Desa Pengadah

  • Share
Penyerahan cindramata Pemkab Natuna dengan Universitas Brawijya Malang

Natuna, Kepripos.id- Data di Kemendes ada 7 Desa yang dikatagorikan desa tertinggal, termasuk Desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna Provinsi Keperi, hal ini disampaikan Kepala Doktor Pengabdian  Dr. Susinggil serta Dr. Bbd. Madjid dalam laporannya 5 tahun mengabdi di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, Jumat (29/07/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi l DPRD Kabupaten Natuna, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Kaban BP3D, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis DPMD, Kadis Pariwisa dan Kadis DPMD Kabupaten Natuna, serta segenap Rombongan Tim KKN Tematik Dokter Mengabdi Universitas Brawijaya Malang.

Lanjut Dr. Susinggil, pada tahun 2017 lalu kami mulai obsevasi di Desa Pengadah guna menggali Sumberdaya Daya Alam dan Sumber Daya manusianya guna meningkat ekonomi masyarakat juga menunjang sektor pariwisata. Sehingga program Doktor Mengabdi Desa Pengadah melatih membantik dan kerajinan dari bahan baku kerang-kerangan.

Masih Susinggil,  kemudian kami juga melakukan penguatan kelembagaan dan Legalitas dengan melakukan strategi economic branding destinasi wisata dan produk unggulan desa, dan yang terakhir kami melakukan branding desa pengadah menjadi desa wisata, adapun kegiatan ini kami laksanakan dari tahun 2018-2022″.

” Kini Desa Pengadah sudah meninggalkan setatusnya sebagai Desa Tertinggal menjadi desa maju”. terang Susinggil.

Pada hari minggu dengan ditandai exspos karya yang dihasilkan oleh masyarakat Pengadah. Untuk program Doktor mengabdi untuk 5 tahun berikutnya pemerintah perlu mengkaji potensi yang bisa menunjang ekonomi mayarakat, seperti pembuatan gula aren sebagai pengganti gula tebu.

” Untuk program Doktor mengabdi berikutnya pihak Pemda Natuna bisa mengajukan profosal ke Universitas Brawijaya, tutupnya.

Dari Laporan Kegiatan KKN Tematik Doktor Mengabdi (DM) Universitas Brawijaya Malang, Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Dokter mengabdi.

” Kami pemeritah Kabupaten Natuna mengucapkan terikasih atas binaan kepada warga desa Pengadah, jika ada hilaf dan salah selaku pemerintah daerah memohon maaf”. sampai Wan Sis.

Pilar pembangunan Natuna, diantaranya pariwisata. Natuna berstatus sebagai  geopark ( Taman Bumi) Nasional yang saat ini dalam proses pendaftaran di Unesco Global Geopark (UGGp).

5 Tahun Bina Desa Pengadah, Doktor Mengabdi Pamit

” Untuk itu pranserta UB diharapkan bisa membantu memberikan pelatihan dan lainnya sehubungan dengan itu”. tutup Wan Sis.

 

banner 120x600
  • Share