DKM Jami’ Nurul Iman Tanjungpinang Gelar “Lomba Semarak Muallaf”

  • Share
Panitia dan peserta foto bersama pada malam penyerahan hadiah "Lomba Semarak Muallaf" di Masjid Jami' Nurul Iman Tanjungpinang, Ahad malam, 1 Oktober 2023. (Foto: Kepripos.id/Yoyok Sudirman)

TANJUNGPINANG, (Kepri Pos)- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami’ Nurul Iman Tanjungpinang menggelar sejumlah perlombaan memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. Temanya: “Lomba Semarak Muallaf.”

Ketua DKM Inderi Zamar, S.pd.I mengatakan tema tersebut dipilih secara khusus karena peserta lomba sebagian besar muallaf. Utamanya para muallaf yang aktif dalam pembinaan di beberapa masjid di Tanjungpinang.

Rangkaian lomba dimulai sejak 29 September 2023. Sementara penyerahan hadiah digelar Ahad malam, 1 Oktober 2023, di Masjid Jami’ Nurul Iman, Jl Raja Haji Fisabilillah (KM.8) Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang Timur.

Sejumlah tokoh masyarakat tampak hadir pada malam tersebut.

Menurut Inderi, Lomba Semarak Mualaf diadakannya untuk memberikan semangat kepada para muallaf untuk bisa membaca dan memahami Al-Qur’an.

 “Endingnya tentu mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an,” katanya.

Dijelaskan bahwa sebagai orang yang baru memeluk agama Islam, para muallaf amat butuh bimbingan dan pembinaan. Agar menjadi muslim yang baik, berilmu, dan beramal.

“Selanjutnya diharapkan memiliki keyakinan yang kokoh. Dengan istilah lain mereka disebut juga kaum muhtadin, yaitu orang-orang yang mendapatkan hidayah dari Allah SWT,” kata Inderi.

Adapun tanggung jawab pembinaan terhadap muallaf menjadi kewajiban setiap kaum muslimin. Dan, harus dikerjakan secara terus menerus. Karena bagian dari dakwah.

Setelah dibimbing dan dibina untuk memahami kandungan Qur’an, ujar Inderi, diharapkan para muallaf menjadikan kitab suci tersebut sebagai pedoman hidup.

Ketua panitia kegiatan, Yusuf, S.Pd menjelaskan bahwa lomba yang dipertandingkan, antara lain lomba kompang, hifhzil qur’an 1 juz dan tilawah, lomba hafalan ayat pendek putra, dan lomba hafalan ayat pendek putri.

Untuk lomba Hifhzil Qur’an 1 juz dan tilawah, juara I atas Muhammad Musa Al Hafidz; juara II atas nama Muhammad Irfan Arsyad, juara III: Raudhatul Syifa Suari.

Sedangkan juara harapan I, II dan III, masing-masing atas nama: Syamsul Ashfa Mirsyanto, Muhammad Arya Darmawansyah dan Nurizkilah Annisa.

Untuk Lomba hafalan ayat pendek putra, juara I diraih Joni Dias; juara II: Budiman; juara III: Muhammad Fadil.

Lomba hafalan ayat pendek putri, Agnes tercatat sebagai juara I. Farida juara II, Eli Lepiana juara III.

Para pemenang berhak atas hadiah berupa uang tropy dan uang tunai. Juga hadiah lain.

“Peserta yang tidak juara pun kami sediakan hadiah juga. Sebagai bentuk penghargaan,” kata Yusuf. (Yoyok Sudirman)

  • Share