Dispersip Natuna Launching Branding Garda Pustaka

  • Share
ASisten III Setda Natuna Tasrib memberikan sambutan pada peresmian Garda Pustaka

Natuna, kepripos.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menggelar kegiatan Pencanangan dan launching branding Garda Pustaka (Gerakan Desa dalam Pembangunan Perpustakaan), bertempat di Gedung Perpustakaan Daerah, Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Rabu (28/02/2024).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Natuna Tasrib  dan diikuti oleh 34 Kepala Desa Se – Kabupaten Natuna.

Kadis Perpustaan dan Asip DAerah menyampaikan laporan kegiatan pada lounching Garda Pustaka

Pada kesempatan itu Asisten III Tasrif dalam sambutannya mengatakan bahwa program Garda Pustaka ini sangatlah penting dijalankan untuk meningkatkan dan membangun literasi, khususnya di lingkungan masyarakat Desa.

“Hal inilah menjadi landasan bagi Perpustakaan daerah untuk membina dan membangun kerjasama dengan kepala desa sebagai garda terdepan pemerintah daerah dalam membimbing masyarakat,” kata Tasrif.

Sambungnya, Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan inklusi perpustakaan ini juga wujud dari program Perpustakaan Nasional RI yaitu Tranformasi Perpustakaan Bebasis Inklusi Sosial (TPBIS).

“Alhamdulillah, atas kerja keras dan kerja sama antara perpustakaan daerah dengan pemerintah desa, berdasarkan hasil survey dari Perpustakaan Nasional Natuna menjadi peringkat pertama tingkat literasi tertinggi se – Kepri,” ungkap Tasrif.

Untuk itu, Tasrif berharap dengan adanya Program Garda Pustaka ini dapat bermanfaat bagi semua pihak supaya literasi di Kabupaten Natuna bisa lebih ditingkatkan.

“Semoga gerakan Garda Pustaka ini bisa memberikan manfaat baik kepada masyarakat, pemerintah desa, maupun pemerintah daerah,” harap Tasrif.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Dispersip Erson Gempa Apriadi menjelaskan bahwa kegiatan Garda Pustaka ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan literasi masyarakat di tingkat pemerintahan terdepan (Desa).

“Perpustakaan Desa merupakan salah satu aspek yang menjadi indikator dalam penilaian tingkat kemajuan Desa,” jelas Erson.

Selain itu, dalam kegiatan ini Dispersip juga menyerahkan piagam penghargaan tranformasi pembangunan dan peningkatan literasi masyarakat kepada Desa Air lengit dan Desa Sepempang .

Selain Asisten III Bidang Administrasi Umum, Kepala Dispersip, hadir juga  Ketua PGRI Natuna, serta Pimpinan OPD.* (Dayat)

banner 120x600
  • Share