Dinsos Natuna Latih Tagana Berbasis Masyarakat

  • Share
Spread the love

Natuna, kepripos.id – Taruna Siaga Bencana ( Tagana)  adalah relawan  kesejahteraan sosial,  berasal dari masyarakat yang memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana dibidang perlindungan sosial. Hal ini sampaikan  Asisten III Bidang Administrasi umum pada pembukaan pelatihan Taruna Siaga Bencana (TAGANA), bertempat di Hotel tren central, Jalan Pramuka, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Senin (20/11/2023).

Kegiatan pelatihan yang diinisiasi  Dinas Sosial Kabupaten Natuna mengusung tema Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Berbasis Komunitas.

Tujuan diadakannya pelatihan tersebut yaitu untuk pembinaan dan peningkatan kemampuan terhadap Tagana serta menjalin tali silaturahmi antar anggota Tagana dan pemerintah daerah.

Kepala Dinas Sosial Puryanti menyampaikan laporan kegiatannya

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Puryanti bahwa kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 17 peserta dari anggota Tanaga.

“peserta yang ada dalam pelatihan ini telah mengikuti pendidikan dasar sebelumnya dan sudah memiliki nomor induk anggota Tagana,” sampai Yanti.

Selain itu, pelatihan Tagana ini yang akan berlangsung selama 3 hari kedepan, akan di pandu langsung oleh para narasumber.

“dalam pelatihan ini akan dipandu oleh 3 Narasumber yaitu dari Dinas Sosial Provinsi Kepri, Tagana Provinsi Kepri, dan BPBD Natuna,” jelas Yanti.

Pada kesempatan itu, Asisten III Bidang Administrasi umum Tasrif dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan komunitas Tagana  dalam kehidupan masyarakat sangatlah diperlukan.

“dengan adanya komunitas ini yang tersebar di beberapa daerah diharapkan bisa menjadi fasilitator dan responsif dalam penanggulangan bencana di daerah tersebut,” ujar Tasrif.

Dalam sambutannya Tasrif juga berharap dengan adanya pelatihan ini kepada peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

“melalui pelatihan ini, gunakanlah kesempatan itu untuk menambah wawasan dan keterampilan agar saat terjun di lokasi bencana nantinya bisa lebih siap dalam penanggulangannya,” harap Tasrif.

Hadir juga  dalam acara tersebut Kepala Basarnas Natuna, Kepala Dinas Sosial, dan Narasumber serta OPD. “( Aulia)


Spread the love
  • Share