DAS Air Mulung Terdangkal Kayu kayan, Wabup Rodhial Gotong royong

  • Share
Wakil Bupati Rodhial laksanakan bersih-bersih DAS Air Mulung Bandarsyah
Spread the love

Natuna, kepripos.id- Wakil Bupati  Natuna Rodhial Huda laksanakan jum’at bersih, Jumat pagi (80/11). Jum’at bersih kali ini Wakil Bupati melaksanakan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Air Mulang Kelurahan Bandarsyah, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri.

Bersih-bersih DAS, Wakil Bupati didampingi Kadis Lingkungan Hidup beserta jajarannya, Kabid Pengairan PUPR beserta Jajaran dan  Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Wakil Bupati Rodhial meminta kepada peserta gotong royong agar rumput dan kayu-kayu yang menutupi daerah aliran sungai agar dibersihkan.

“ rumput-rumput dan kayu mati perlu dibersihkan agar tidak  memperlambat lajunya air ketika musim penghujan yang bisa menyebabkan banjir”, Ungkap  Rodhial.

Tim dibagi dua regu, ada yang membersih DAS, sebagiannya lagi membersih sampah tertinggal di bahu jalan.

Kepada media ini Rodhial sampaikan, kebiasaan yang paling ringan adalah membuang sampah dari dalam mobil. Jangan sampai dalam mobil bersih,  disisi lain  sampah yang dibuangkan itu bisa berdampak kotornya lingkungan dan menjadi sumber penyakit.

“ Kita perlu sadar bahwa bersih itu sebagian dari iman”, terang Rodhial

Dalam kegiatan yang sama Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum   Nanang Agus Hidayat kepada media ini menyampaikan, pinggir DAS sungai  air mulung sudar tertutup ruput dan kayu kayan mati didalamnya.

Lanjut Nanang, agar sungai bisa normal, kayu-kayan yang mati perlu diangkat, tapi harus memerlukan waktu khusus dan peralatan pemotong kayu.

“ Kayu yang terpendam di sungai jika tidak diambil menjadi penghalang sampah yang pada akhirnya akan terhambatnya lajunya air”, tutup Nanang.

 


Spread the love
  • Share