Cuaca Ekstrim,Tiga Buah Pompong Hilang Komunikasi Di Laut Natuna.

  • Share
Spread the love

Natuna, Kepripos.id – Tiga pompong Nelayan  asal Desa Sepempang Kabupaten Natuna Provinsi Kepri diperkirakan los  komunikasi. Pompong yang yang diperkirakan hari Jumat (03/12/2021) semalam sudah sandar di pelabuhan Teluk Baruk, namun  hingga kini belum dapat kepastian posisi pompong berada.

Nelayan tersebut berangkat dari pelabuhan Teluk Baruk mengarah ke perbatasan laut Serawak (Malaysia) dengan jarak tempuh mencapai 158 Mil.
Menuju Timur tepat laut Natuna dengan kordinat Lintang 4°28,86998′ dan Bujur 110°36,99326′ biasa disebut nelayan Tempatan jalur 401.

Adapun tiga buah pompong tersebut berbobot diatas 5 GT keatas.

Pompong  pertama warna biru muda berisi 3 orang di Nahkodai (tekong ) Hamdani alias Bang Am. Pompong kedua warna Biru tua dengan kombinasi bagian bawah dan atas Biru Muda dengan Tekong Bahran berisi 3 orang dan pompong ketiga Tekong Aswat berisi 2 orang.

” Hari Selasa kemarin mereka berangkat ke laut Timur arah ke Serawak” ucap Idris pria yang sehari hari berprofesi nelayan Teluk Baru. “

Natuna Jadi Kawasan Pertahanan, Wan Siswandi-Rodhial Huda Agendakan Jumpai Sejumlah Menteri

Idris,Nelayan warga Beringin jaya Desa Sepempang, saat dijumpai media ini dipelabuhan Teluk Baruk  sampaikan, ada 9 pompong yang berangkat,6 pompong sudah balik arah dan sudah bersandar di pelabuhan Teluk Baruk. sementara 3 pompong lainya belum ada kabarnya.

“Ada dua nelayan yang berteduh di pulau laut sebentar karena gear box rusak, sedangkan 4 kapal lagi langsung balek kanan,untuk sementara ada 3 pompong yang belum kembali”

Tambah Idris, menjadi kebiasaan bagi nelayan saat di laut melakukan posisi berteduh bila mengalami cuaca ekstrem dengan gelombang yang tinggi.” Ransum (perbekalan) juga masih ada sama  mereka, kemungkinan mereka berteduh menunggu posisi laut teduh lagi” paparnya.

Lanjut Idris,diposisi mereka para nelayan yang sudah diatas 100 mil sangat sulit untuk di hubungi melalui komunikasi radio atau telepon.”Untuk perlengkapan keselamatan dan komunikasi di pompong,
semuanya memiliki radio komunikasi dan safety,Rompi pelampung.” *(Fadil)


Spread the love
  • Share